Bumdes.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa (BID), Sabtu (3/11) di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta kampus Wates (GOR UNY Wates). Tujuan dari BID ini ialah untuk memberikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) dan Hibah Dana Desa, memperkenalkan inisiatif atau inovasi di desa, menjaring komitmen Pemerintah Desa, membantu desa meningkatkan kualitas pembangunan, serta memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa.

Penyelenggaraan BID yang merupakan bagian dari kegiatan PID menjadi salah satu sarana bagi desa untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan inovasi, yang dapat dikembangkan sesuai dengan potensi desanya. Dengan demikian, PID diharapkan mampu  mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

Dalam penyelenggaraannya, BID menggunakan pendekatan bursa. Hal ini meliputi pertukaran gagasan dan inovasi desa, pemaparan, pengamatan, unit belajar (learning unit) atau jendela bursa, multi media, serta bimbingan dan konsultasi. Terdapat tiga ruang bursa yaitu Ruang Bursa A (Infrastruktur Desa), Ruang Bursa B (Bidang Pengembangan SDM), dan Ruang Bursa Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan). Ruang-ruang bursa ini sebagai sarana desa untuk melakukan “transaksi” mengambil komitmen praktik inovasi yang akan direplikasi oleh desa.

Untuk memperkuat pelaksanaannya, dihadirkan Tim Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD). Keberadaan Tim Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) agar desa mendapatkan jasa layanan teknis secara lebih berkualitas dari lembaga profesional, seperti perguruan tinggi, lembaga profesi, pendamping desa dan lembaga lainnya, serta pihak swasta. Terdapat dua belas lembaga dan perusahaan yang berpartisipasi sebagai Konsultan P2KTD, salah satunya adalah Bumdes.id. Bumdes.id berperan sebagai konsultan di Ruang Bursa C, yakni Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan.

Kegiatan ini diikuti oleh 87 Kepala Desa, beserta BPD. Selain itu, dibuka juga stand dari beberapa BUMDes di Kulonprogo. BUMDes yang hadir memamerkan produk inovasi khas masing-masing BUMDes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *