Bumdes.id – Desa Panggungharjo merupakan salah satu desa di Sewon, Bantul DIY. Berbatasan dengan Kota Yogyakarta, Desa Panggungharjo memiliki luas 560,966 Ha dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 27.683 jiwa.

Dengan banyaknya penduduk yang ada di desa Panggungharjo, maka permasalahan sosial yang ada di lingkungan tersebut juga cukup banyak, terutama  persoalan sampah. Ketidakpedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah mengakibatkan adanya patologi sosial di desa Panggungharjo.

Menyikapi hal tersebut, pada tanggal 25 Maret 2013 berdasarkan Perdes No. 7/2013 dan setelah  adanya UU 6/2014 dilakukan beberapa penyesuaian melalui Perdes No.9/2015, dibentuklah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dalam rangka menyelesaikan permasalahan sosial yang melingkupi warga desa, dibentuklah unit usaha  pertama, yang bergerak dibidang Jasa Pengelolaan Lingkungan .

Panggung Lestari, itulah nama yang disematkan untuk BUMDes Panggungharjo. Memiliki visi “Membangun kemandirian desa,  Menghadirkan layanan Negara.” , selain mencari profit, juga mempunyai misi sosial untuk kesejahteraan masyarakat desa. Salah satu caranya, pada setiap pagi, ada tujuh orang bertugas mengambil sampah. Tujuh orang tersebut dibekali dengan ilmu bersosialisasi dengan masyarakat desa. Hal tersebut menjadi salah satu alat pelayanan aduan untuk dilanjutkan ke pemerintah desa.

Saat ini ada dua kegiatan yang dijalankan oleh BUMDes Panggung Lestari, yaitu

  • Kegiatan Bisnis
  1. Jasa Pengelolaan Sampah
  2. Penjualan Barang Bekas dan Limbah Rumah Tangga
  3. Produksi Minyak Nyamplung/Tamanu Oils
  4. Produksi Pupuk Organik
  5. SWADESA
  • Kegiatan Kemasyarakatan
  1. Pemberdayaan Ekonomi : Penguatan peran ekonomi perempuan/ pelibatan PKK sebagai mitra
  2. Penguatan Aktifitas Sosial : (1) Kemitraan dengan lembaga pendidikan ; (2) Berjaring dengan Bapel JPS

Dalam kegiatan kemasyarakatan, BUMDes Panggung Lestari juga menginisiasi lembaga pendidikan setingkat PAUD, dengan pembayaran menggunakan sampah. Setiap tiga kali dalam seminggu, murid-murid membawa sampah kering untuk dibeli oleh BUMDes Panggung Lestari. Selain itu, juga telah dilasanakan program sosial berupa bedah rumah senilai 15 juta rupiah.            

Dalam pelaksanaannya, warga menjalankan usaha sesuai pengawasan dan arahan dari BUMDes Panggung Lestari. Hasilnya dikelola oleh BUMDes, setelah itu dipasarkan kepada warga melalui PKK Dusun. Dari sinilah prinsip “Dari warga, oleh warga, dan untuk warga” diterapkan untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa Panggungharjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *