Bumdes.id – Perkembangan zaman yang maju pesat membawa angin modernisasi di segala bidang kehidupan. Tidak dapat disangkal, dunia dengan cepat beralih dari analog ke digital. Orang-orang mengkonsumsi lebih banyak konten digital setiap hari, seperti di ponsel, laptop, komputer, dan banyak lagi. Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet.

Melalui internet, pelaku bisnis termasuk BUMDes, tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun untuk menunjang aktivitas bisnisnya. Bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet. Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di Internet cenderung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku.

Mengapa pemasaran digital begitu penting? Apabila BUMDes mampu mengoptimalkan media digital seperti media sosial dalam kegiatan usahanya, maka akan bertambah banyak BUMDes yang mampu bersaing dalam persaingan pasar global serta dapat melakukan pemasaran tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Dengan optimalisasi strategi pemasaran dengan teknologi digital, diharapkan BUMDes dapat  mengenalkan produk yang dihasilkan kepada konsumen, mulai dari bahan, fitur, fungsi, dan berbagai detil produk, dengan lebih inovatif. Melalui teknologi digital, BUMDes juga dapat melakukan survey tentang keinginan dan perilaku konsumen, sehingga BUMDes dapat memenuhi harapan konsumen melalui produk yang dihasilkan.

Selain itu, dengan pemasaran melalui teknologi digital, BUMDes dapat membangun branding. Umumnya konsumen akan memilih produk yang sudah mereka gunakan sebelumnya. Agar produk kita diketahui dan digunakan konsumen, maka membangun merk perlu dilakukan. Dengan banyakya pengguna teknologi digital, media sosial khusunya, dapat mempermudah BUMDes dalam membangun branding. Berkembangnya teknologi digital, khususnya melalui media sosial yang menjadi trendsetter dalam beberapa tahun terakhir, dapat mempermudah BUMDes dalam menciptakan komunikasi/hubungan dengan konsumen. Hubungan baik dengan kosumen perlu dilakukan untuk me-maintain customer retention agar konsumen menjadi loyal dan tidak mudah berpaling ke pesaing.

Apabila strategi pemasaran melalui media digital dapat dilakukan dengan maksimal, harapannya dapat menjaga pertumbuhan usaha BUMDes dalam jangka panjang. Karena, usaha yang bertahan lama ditentukan oleh kekuatan merk, kualitas produk, dan komunikasi pemasaran yang kontinyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *