[metaslider id=8148]

Bumdes.id –  Bertempat di Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatera Barat, Musyawarah Nasional (Munas) Forum Bumdes Indonesia diselenggarakan dengan mengusung tema `Berbeda, Bekerjasama Untuk Kedaulatan Ekonomi Desa`.  Kegiatan ini merupakan Munas FBI yang pertama, diselenggarakan berkat adanya dukungan baik dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), serta Universitas Negeri Padang selaku tuan rumah.

Acara pembukaan Munas dilaksankaan pada pukul 08.00, 27 Agustus 2018 bertempat di Auditorium UNP. Berbagai latar belakang profesi menghadiri Munas ini seperti Perwakilan 33 Provinsi FBI, Pengelola Bumdes Seluruh Indonesia, Akademisi, BUMN, Penggiat/Pemerhati BUMDes, serta Media. Beragamnya latar belakang profesi  ini menunjukkan bahwa kehadiran BUMDes di tingkat Nasional sudah sangat menarik minat banyak pihak.

Acara pembukaan sendiri dihadiri oleh, Rektor UNP, Dirjen Pemberdayaan, Pembangunan, dan Pemberdayaan Masyarakat mewakili Menteri Desa, Jajaran Pejabat dari Sumatera Barat yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat,  Febby Dt bangso selaku penggiat Bumdes di Sumatera Barat, serta perwakilan dari beberapa pihak BUMN.

Beberapa agenda yang akan dilaksanakan dalam Munas kali ini adalah pemilihan sekaligus pelantikan pengurus Forum Bumdes Indonesia, Seminar, Diskusi Tematik, Sidang Komisi, Launching kerjasama dan program Bumdes, pemilihan Bumdes terbaik serta kunjungan ke kawasan wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam pelaksanaan Munas ini, menitikberatkan terhadap upaya membangun sinergitas dari berbagai pihak yang terangkum dalam sinergitas ABCFGM (Akademisi, Bisnis, Community, Government, Financial Institution, dan Media). Pengelola BUMDes tidak boleh dibiarkan berjuang sendiri dalam mengelola usahanya, sehingga diperlukan kerjasama dengan banyak pihak.untuk menumbuhkan, mengembangkan dan menguatkan BUMDes di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *