Seratusempatpuluh Bumdes penerima bantuan masing-masing 50 juta di kumpulkan di Bukit Tinggi Sumater Barat. Mereka di dorong untuk tidak hanya menjadi Bumdes kelas lokal, tetapi siap menjadi percontohan nasional. Sudah saatnya Bumdes naik kelas.

Rudy Suryanto, Founder Bumdes.id / Master Bumdes Indonesia, menyampaikan bahwa untuk menjadi Bumdes Percontohan Nasional ada peta jalannya. Ikuti jejak-jejak langkah Bumdes yang sudah lebih dahulu sukses di tingkat nasional, contohnya adalah Bumdes Ponggok Klaten dan Bumdes Panggunglestari Bantul. Paling tidak ada 5 Langkah sehingga mereka bisa sukses dan berprestasi di tingkat nasional.

1. Penguatan Kelembagaan 

Nasib desa tidak akan berubah kecuali warga desa yang merubahnya sendiri. Warga desa perlu sadar bahwa perubahan nasib ada di tangan mereka. Pemerintah, pendamping, perbankan dan pihak lain adalah sifatnya mendukung dan memberikan stimulan. Apabila kesadaran kolektif ini sudah di dapat, maka mereka akan sukarela bekerjasama dalam lembaga. Lembaga ini harus kuat. Lembaga yang paling tepat untuk konsolidasi usaha bersama ini adalah Bumdes. Bumdes adalah rumah besar semua usaha yang ada di desa. Tujuannya bukan semata mencari profit, tetapi juga social benefit. Selanjutnya diperlukan partisipasi dari warga dalam Musdes. Untuk menentukan jenis usaha, besarnya modal, dan struktur dalam Bumdes. Sehingga terwujud sistem demokrasi ekonomi, dari warga desa, oleh warga desa dan untuk warga desa.

2. Peningkatan Kapasitas SDM 

Kunci keberhasilan Bumdes adalah pada kapabilitas Sumber Daya Manusia. Desa bukan miskin potensi, tetapi desa miskin keberanian dan inovasi. Kedua hal ini bisa dirubah dengan kesadaran dari warga untuk merubah mindset dari mindset pekerja menjadi mindset wirausaha. Diperlukan upaya terus menerus dan berkelanjutan untuk perubahan mindset dan kebiasaan ini. Pelatihan dan pendampingan terus menerus harus ditingkatkan.

3. Peningkatan Akses

Ada tiga peningkatan akses yang diperlukan oleh warga desa, yaitu peningkatan akses informasi, akses pasar dan akses finansial. Akses informasi akan membantu warga desa untuk memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

4.Pengembangan Jejaring 

Warga desa dan Bumdes tidak bisa sendiri. Mereka akan kalah bersaing kalau maju sendiri. Mereka akan kuat dengan berjejaring.

5.Penguatan Posisi 

Bumdes harus mengambil peran sesuai tantangan jaman. Saat ini diperlukan satu model untuk memberdayakan ekonomi masyarakat desa dan memperkokoh sistem perekonomian nasional. Sistem perekonomian kita akan kuat apabila basis produksi dan rantai logistik bisa berjalan dengan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *