Bedah Buku Peta Jalan Bumdes Sukses di UGM

Bedah Buku Peta Jalan BUMDES Sukses – Membangun Indonesia dari Desa untuk Memajukan Kesejahteraan Rakyat

Membangun daerah pedesaan berarti menanggulangi kemiskinan secara tepat sasaran. Proses pembangunan yang semakin berkembang kemudian menghasilkan perubahan struktur masyarakat dari pertanian-industri-jasa, tradisional-transisi-modern, maupun desa-transisi-kota. Selama ini desa dipandang sebagai wilayah yang lemah, namun ketika terdapat desa yang s udah sukses seperti Desa Panggungharjo, tidak ada lagi yang memandang desa lemah karena setiap desa berkesempatan untuk sukses. Strategi kesuksesan BUMDES menjadi suatu hal yang dapat direplikasi.

Kelembagaan BUMDES yang berdiri secara normatif didasarkan pada kebutuhan dan potensi masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan pasal 33 UUD 1945 bahwa semangat mendirikan usaha didasarkan pada asas kekeluargaan melalui musyawarah dan asas barang publik bahwa segala kekayaan negara digunakan untuk kemakmuran masyarakat. Kendala pembangunan desa selama ini dimulai sejak proses awal pembangunan. Banyak desa yang belum memahami kondisi desanya, baik kondisi alam maupun manusianya. Kurangnya pemahaman kondisi wilayah ini berdampak pada proses pembangunan. Terdapat 90 % dari sekitar 27.000 desa berada pada klasifikasi rintisan karena kesalahan memilih potensi desa.

Upaya membentuk dan memperkuat keberadaan BUMDES di Indonesia dilakukan oleh bumdes.id melalui buku “Peta Jalan BUMDES Sukses” yang ditulis oleh Rudy Suryanto, S.E., M.Acc., Ak. Launching buku telah berjalan pada acara Seminar Bulanan Ekonomi Kerakyatan “Membangun Indonesia dari Desa, Memajukan Kesejahteraan Rakyat, Berwawasan Kebangsaan serta Gerakan Nasional Guru Besar Membangun Desa Bersama KKN” hari Sabtu, 14 Juli 2018 di Ruang Audio Visual Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

BUMDES sebagai social enterprise berfokus pada kemakmuran rakyat dan didasarkan pada kearifan lokal. Pembentukan BUMDES perlu dilihat dari seberapa benefit yang disebarkan ke masyarakat, meskipun profit yang dihasilkan kecil. Tingginya benefit daripada profit dapat dijadikan motivasi untuk kesuksesan BUMDES. Penguatan BUMDES dapat dilakukan melalui kerjasama bersama akademisi, businessman, komunitas, government, media, dan financial.

Kesuksesan BUMDES dimasa mendatang dipandang positif melalui peta jalan BUMDES. “Harapannya setiap desa yang melakukan peta jalan, fokuskan ke kelembagaan kemudian tingkatkan kualitas SDM dan fokus meningkatkan akses pasar serta berjejaring untuk meningkatkan usaha supaya skala tidak telalu kecil. BUMDES jangan mengambil aktivitas ekonomi, tapi menjadi panggung untuk menjadikan warganya menjadi pemain dan bukan penonton.” Ujar Rudy Suryanto, S.E., M.Acc., Ak dalam menyemangati para peserta yang sebagian merupakan pendamping dan pemerhati desa.

BUMDES Sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *