Jum’at 22 Juni 2018, Kampoeng Mataraman Panggungharjo, Sewon, Bantul, Menteri Desa berkenan menyaksikan Piala Dunia bersama WzrgaDesa Panggungharjo dan launching Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB). Aplikasi ini telah diujicoba dan gunakan oleh Bumdes Panggunglestari Desa Panggungharjo Sewon Bantul lebih dari satu tahun.

“Aplikasi ini memungkinkan warga untuk dapat memantau kinerja unit-unit usaha secara real time, karena aplikasi ini berbasis online, dan kami telah membagi password aplikasi tersebut ke warga”, Wahyudi Anggoro Hadi menjelaskan. Bapak Lurah satu ini memang Kepala Desa yang getol melakukan inovasi.

Setelah berhasil membawa Desa Panggungharjo menjadi Desa Teladan Nasional pada tahun 2014, sederet prestasi telah berhasil diraih. Antara lain, Desa Integritas dari Kementrian Keuangan, Desa Terbuka Bebas Korupsi dari KPK, dan Bumdes Terbaik Nasional Versi Kemendes dan salah satu majalah Nasional.

Prestasi-prestasi tersebut tak lepas dari partisipasi dan dukungan warga. Dukungan tersebut merupakan bentuk kepercayaan warga atas tata kelola keuangan dan transparansi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dan pengelola Bumdes.

“Semoga aplikasi yang telah kami gunakan ini, nantinya dapat oleh Bumdes-bumdes di seluruh Indonesia. Ini semoga jadi bentuk kontribusi langsung Bumdes Panggunglestari Panggungharjo untuk Indonesia”. Pak Wahyudi memberikan komitmen untuk terus mendukung upaya Kemendes memajukan bumdes dan desa-desa di berbagai pelosok tanah air.

Bapak Menteri Desa PDTT, bapak Eko Putro Sandjojo dalam sambutan dan arahannya memberikan apresiasi terhadap prestasi dan inovasi yang dilakukan oleh Desa Panggungharjo. “Panggungharjo terus menorehkan prestasi. Tempat ini (Kampoeng Mataraman) dibangun sebagai tempat acara Rembug Desa Nasional tahun 2017. Dibanyak tempat, paska acara lokasinya juga ikut bubar. Tetapi disini dapat diolah sedemikian rupa sehingga dapat bermanfaat. Saya dilapori, belum satu semester Kampoeng Mataraman telah menghasilkan pendapatan 1,4 Milyar. Untuk itu saya telah instruksikan Pak Dirjen untuk memberikan bantuan Rp1 milyar, supaya tempat ini bisa jadi showcase (percontohan) untuk ribuan desa yang lain”.

Kita sangat beruntung memiliki menteri seperti Bapak Eko Putro Sandjojo, yang sangat dekat dengan warga desa dan terus mendukung dengan berbagai cara agar desa menjadi maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *