Tanya Jawab Bumdes

Sebagai sebuah lembaga yang baru “dilahirkan” dan berkembang 10 tahun terakhir, wajar jika BUMDes masih menghadapi banyak permasalahan. Menempatkan BUMDes pada posisi yang ideal merupakan tantangan tersendiri bagi pengelola dan pemerintah desa, terlebih dengan misi sosial dan ekonomi yang disandang BUMDes. Permasalahan semakin kompleks karena lokasi BUMDes yang berada di kawasan pedesaan. Kondisi sosio-kultural masyarakat desa semakin menambah rumit permasalahan BUMDes. Oleh karena itu, sangat wajar jika diawal perintisannya, banyak pengelola BUMDes yang khawatir dan tidak yakin.

Berangkat dari permasalahan itu, tim Bumdes.id meluncurkan program Tanya Jawab Bumdes melalui website www.tanya.bumdes.id. Program tersebut menyediakan kanal tanya jawab seputar BUMDes bagi seluruh pihak terkait – pengelola, pemerhati, dan masyarakat umum – yang memiliki pertanyaan yang masih belum terjawab selama ini.

Semua pertanyaan yang disampaikan akan dijawab oleh tim ahli pendamping BUMDes. Penjelasan untuk persoalan yang paling banyak ditanyakan akan ditampilkan dalam bentuk video supaya lebih mudah dipahami.

Diharapkan program ini dapat menjawab dan menghapus semua kegelisahan semua pihak yang tertarik dengan BUMDes. Ke depan, kami berharap kanal ini dapat membantu memajukan pengelolaan BUMDes di daerah masing-masing.

Saat ini telah ada sembilan pertanyaan yang masuk dan video penjelasannya akan kami tampilkan satu per satu setiap hari Selasa.

Berikut sembilan pertanyaan yang paling sering muncul terkait dengan pengelolaan BUMDes:

  1. Apakah BUMDes perlu berbadan hukum?
  2. Mengapa banyak BUMDes gagal?
  3. Apa perbedaan BUMDes dengan PT atau Koperasi?
  4. Apakah semua desa wajib untuk mendirikan BUMDes?
  5. Dari mana sumber dana BUMDes?
  6. Apa dasar hukum pembentukan BUMDes?
  7. Apa saja syarat mendirikan BUMDes?
  8. Bagaimana tahapan pembentukan BUMDes?
  9. Apa saja yang dibahas saat musyawarah desa pembentukan BUMDes?

 

Setiap minggu akan kami tayangkan satu video pendek untuk menjawab satu pertanyaan. Ke depannya, dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk akan dipilih pertanyaan yang paling sering muncul untuk diangkat dan didiskusikan di group media sosial Bumdes.id

Harapannya, selain meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pengelolaan BUMDes, diskusi ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk terus memperbaiki kurikulum, materi, maupun konsep pelatihan dan pendampingan yang rutin kami laksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *