Penguatan Usaha BUMDes Melalui Kerja Sama Dengan Lion Parcel dan Bank BUMN


Bumdes.id
– Bertempat di Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM), Yogyakarta, pada Jumat (25/5), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan beberapa Bank BUMN, dan Lion Parcel melakukan penandatanganan kerja sama dalam rangka mendukung penguatan usaha di desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Acara tersebut dihadiri sekitar 40 perwakilan BUMDes yang berasal dari Kabupaten Sleman, Gunung Kidul, Bantul, Kulon Progo, Klaten, dan Purworejo. Beberapa diantaranya menerima bantuan Corporate Social Responsibility (CSR), seperti BUMDes Panggung Lestari, BUMDes Amartha, dan BUMDes Tirta Mandiri yang mendapat CSR dari Bank BNI.

Beberapa bank BUMN yang terlibat dalam kerja sama tersebut adalah Bank Negara Indonesia (BNI 46), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan Bank Tabungan Negara (BTN). Lion Parcel sendiri adalah anak usaha dari Lion Group yang bergerak dalam bidang pengiriman barang. Kerja sama ini diharapkan dapat membantu BUMDes untuk memperluas distribusi produknya. Disisi lain, hal ini juga memudahkan masyarakat khususnya di desa untuk mengakses layanan dari Lion Parcel. Sehingga diharapkan kerja sama ini dapat memberi manfaat bagi BUMDes maupun masyarakat di daerah pedesaan.

Selain itu, acara tersebut juga dirangkaikan dengan pembukaan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa. Menteri Eko sendiri yang langsung melakukan pembukaan pelatihan tersebut. Adapun pelatihan tersebut berlangsung selama 5 hari di BBLM Yogyakarta.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *