Pelatihan Pendampingan BUMDES: Alumni TOT Angkatan 8 Siap Mengajak Masyarakat Membangun Desa

Foto Bersama Peserta TOT Bumdes 8 di Balai Desa Panggungharjo

Tidak terasa 3 hari berlalu begitu cepat. Pelatihan Pendampingan Bumdes atau dikenal juga dengan Training on Trainers (TOT) Pendampingan Bumdes Angkatan 8 yang diselenggarakan pada 18-20 April 2018 kini telah usai dilaksanakan. Antusiasme peserta pun terlihat dengan jelas dari begitu banyaknya pertanyaan yang peserta ajukan kepada narasumber setiap harinya. Peserta TOT Angkatan 8 kali ini didominasi oleh para akademisi yang berasal dari wilayah Indonesia timur seperti Makassar, Madura, dan Mataram. Selain itu peserta juga ada yang berasal dari kalangan Pemerintah Desa dan Pengelola Bumdes.

Berbeda dengan pelatihan sebelumnya, susunan acara pada pelatihan kali ini dimulai dengan pembekalan materi dasar tentang bumdes di hari pertama yang disampaikan oleh founder bumdes.id, Rudy Suryanto. Di siniĀ  peserta diajak untuk melihat sisi lain dari kewenangan yang dimiliki oleh Pemerintah Desa melalui UU Desa. Rupanya banyak orang tak menyangka bahwa Desa memiiki kewenangan yang luar biasa. Kemudian keesokan harinya peserta langsung melakukan kunjungan lapangan ke Desa Panggungharjo dan melihat anak usaha Bumdes Panggung Lestari yaitu unit pengelolaan sampah (KUPAS) dan Kampoeng Mataraman. Peserta dengan aktifnya bertanya kepada Lurah Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi, mengenai cara menggandeng aparat desa dan masyarakat desa mendukung pembangunan desa dan Bumdes.

Kunjungan Peserta TOT Bumdes 8 ke Unit Pengelolaan Sampah Bumdes Panggung Lestari

Peserta kembali mendapatkan materi mengenai pengelolaan Bumdes di hari ketiga pelatihan. Materi yang disampaikan diantaranya pemetaan potensi desa, cek kelayakan usaha, penyusunan SOP, simulasi musyawarah desa, dan praktik menggunakan Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB). Suasana pelatihan di hari ketiga berlangsung dengan seru. Peserta mempresentasikan hasil pemetaan potensi desa dengan penuh semangat, tidak jarang senyuman dan tawa juga tampak dari wajah para peserta. Begitu pun dengan sesi cek kelayakan usaha dan simulasi musyawarah desa. Seluruh peserta bermain peran, ada yang berperan sebagai Kepala Desa, Ketua BPD, tokoh masyarakat, dan sebagainya.

Suasa Pelatihan TOT Bumdes 8 Sesi Simulasi Musyawarah Desa

Sesi terakhir diisi dengan praktik menggunakan SAAB. Melalui praktik ini peserta diperlihatkan bagaimana mudahnya menggunakan aplikasi untuk menyusun laporan keuangan yang akuntabel dan transparan. Acara pun ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada peserta oleh Cahyo Binarto, selaku Direktur Eksekutif Sekolah Manajemen Bumdes dan foto bersama.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman yang sama dengan para peserta TOT 8 kali ini, jangan lupa ikuti terus perkembangan dan info pelatihan terbaru dari kami melalui website bumdes.id dan fanspage bumdes.id!

Salam Bumdes! Bumdes Sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *