Kemendes PDTT: Riau, Tuan Rumah Rembuk Desa Nasional 2018

Bumdes.id – Rembuk Desa Nasional kembali diadakan. Sebanyak 1.775 kepala desa, tenaga ahli provinsi dan kabupaten dari Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) mengikuti acara yang berlangsung pada 24-26 April.

Bertempat di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru, acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo selaku Menteri.

Menteri Eko menjelaskan, pembangunan desa-desa di Indonesia berjalan dengan cepat dan masif. Tahun 2018, laju penurunan kemiskinan di desa lebih cepat daripada di kota. Tingkat pengangguran terbuka di desa juga menurun terpantau sejak tahun lalu.

Baca juga: Manfaat Dana Desa Diakui Dunia: 26.070 Unit Kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berhasil Didirikan

“Ke depan, dana desa diharapkan tidak hanya dapat menjawab kebutuhan dasar masyarakat desa, namun secara berkelanjutan dapat membantu mengurangi pengangguran dan urbanisasi serta menciptakan kesempatan kerja di desa. Saya berharap berharap Kepala desa dan perangkatnya dapat bekerja dengan baik dan berkonstribusi dalam menjaga pemanfaatan dana desa. Seluruh masyarakat desa diharapkan lebih bekerja keras dan terus berupaya mewujudkan kemandirian desa,” kata Eko.

Banyak program pembangunan yang mengarah ke desa, baik itu Program pemerintah Pusat, program Pemerintah Provinsi maupun program Pemerintah Kabupaten/Kota. Ungkap Eko, pembangunan desa dan pemberdayaan masyarkat desa menjadi salah satu prioritas penting pembangunan nasional. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah mengalokasikan dana yang sangat besar bagi pembangunan di desa

Baca juga: Entaskan Kemiskinan Desa, Bersama Kementan Wujudkan Negara Agraris yang Sejahtera

Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepri, Sardison turut hadir dan ikut memimpin rombongan peserta Rembuq desa regional dari Kepri. Dia mengatakan tema yang diangkat pada kegiatan tersebut yakni,  “Padat Karya Tunai Menuju Desa Maju Mandiri dan Sejahtera.”

“Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 24-26 April di Pekanbaru. Rombongan peserta dari Provinsi Kepulauan Riau berjumlah 275 orang terdiri dari seluruh kepala desa, tenaga ahli provinsi dan kabupaten se Provinsi Kepulauan Riau. Sedangkan peserta dari Provinsi Riau berjumlah 1.500 orang,”kata Sardison yang juga Plt. Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepri ketika dihubungi FokusRiau.Com, Rabu (25/4/2018) pagi.

Acara yang sama juga dilakukan Kemendes PDTT tahun lalu. Pada 2017 Rembuk Desa Nasional diadakan di Yogyakarta dengan menggandeng Bumdes.id sebagai mitra penyelenggara.

One Reply to “Kemendes PDTT: Riau, Tuan Rumah Rembuk Desa Nasional 2018”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *