WhatsApp Image 2018-03-23 at 12.05.49 AM

Pusat Pelatihan Masyarakat (Puslatmas) dan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendes PDTT mengadakan Diskusi Strategi Pengembangan Bumdes di Hotel Mercure Padang pada tanggal Kamis – Jum’at 21-22 Maret 2018.

Pada sesi pertama disampaikan oleh H Febby Dt Bangso, Tenaga Ahli Kemendes sekaligus Ketua Forum Bumdes Indonesia, mengangkat materi tentang Strategi Pengembangan Bumdes. H Febby Dt Bangso menyampaikan bahwa Bumdes masih memiliki beberapa kendala untuk pengembangan. Sebagian besar Bumdes masih memiliki skala ekonomi yang kecil dan dukungan dari Pemerintah Desa yang bervariasi. “Kalau pemerintah desa hanya kasih 15 juta atau 25 juta, Bumdes mau bisnis apa ? oleh karenanya kita dorong untuk pemerintah desa memberikan perhatian dan dukungan yang lebih besar bagi Bumdes. Pelayanan dasar memang penting, Infrastruktur penting, tetapi penyertaan modal Bumdes tidak kalah penting”

H Febby Dt Bangso, secara khusus juga menyentil bahwa Bumdes di Sumatera Barat, atau disebut dengan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag), seharusnya semuanya maju. “Orang Minang sejak lahir sudah punya jiwa dagang, ini modal besar bagi kemajuan Bumnag di Sumbar”.

Pada pertemuan tersebut di undang beberapa pihak, salah satunya adalah perwakilan dari beberapa Bumnag yang berprestasi. Beberapa diantaranya merupakan Alumni Institut Manajemen Bumdes Nusantara (IMBN). Syaiful dari Bumnag Pakandangan, menyatakan bahwa setelah mengikuti program IMBN, banyak inspirasi danĀ  inovasi yang telah dilakukan. Salah satunya adalah inisiasi Bumnag Syariah.

H Febby Dt Bangso menambahkan bahwa untuk mendorong kemajuan Bumnag, tidak bisa dilakukan sendiri. Sehingga Kemendes mendukung terbentuknya Forum Bumdes Indonesia, untuk menjembatani komunikasi antar Bumdes. Sesuai dengan motto yang diusung yaitu “Berbeda, Bekerjasama, Berdaulat untuk Ekonomi Desa” maka Forum Bumdes Indonesia ini bersifat terbuka, cair dan didasarkan pada semangat untuk saling bekerjasama. Forum ini merupakan bentuk nyata aliansi ABCGFM (Academics-Business-Community-Government-Financial Insitution-Media).

Selain inisiasi Forum Bundes Indonesia, strategi pengembangan Bumdes juga menekankan pada peningkatan kapasitas SDM. Inilah mengapa muncul inisiatif IMBN. Angkatan 1 sudah diadakan bulan Desember 2017, dan pada tahun 2018 ini akan ada 20 angkatan. IMBN akan bekerjasama dengan BBLM di berbagai tempat dan bekerjasama dengan Bank BNI untuk menjangkau lebih banyak Bumdes di seluruh Indonesia, termasuk kawasan Indonesia Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *