Outlet Desa Srimartani Jadi Bukti Bumdes Srimartani Makmur Mampu Menggandeng Masyarakat Desa

Membuktikan kehadiran Bumdes sebagai bagian dari masyarakat desa bukanlah hal yang mudah tetapi bukan berarti tidak mungkin. Memang tidak bisa dipungkiri di beberapa desa, masyarakat masih belum bisa sepenuhnya percaya kepada Bumdes. Sebagian orang berpikir kehadiran Bumdes dapat mengancam usaha mereka padahal kehadiran Bumdes justru ditujukan untuk membantu perekonomian masyarakat desa.

Display Produk UMKM Desa Srimartani

Tidak ingin mewujudkan ketakutan masyarakat desa, Bumdes Srimartani Makmur pun menggandeng masyarakat Desa Srimartani untuk bersama-sama memajukan perekonomian di desa. Didukung oleh Pemerintah Desa melalui pemberian hak pakai atas bangunan yang terletak di samping Balai Desa, Bumdes Srimartani mengajak masyarakat desa, khususnya para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya di Outlet Desa yang pada 1 Maret 2018 lalu baru saja diluncurkan. Outlet Desa yang sekaligus menjadi kantor Bumdes ini sendiri dikelola langsung oleh Bumdes Srimartani sebagai salah satu unit usaha perdagangan Bumdes.

Launching Kantor dan Outlet Desa oleh Jajaran Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa Srimartani

Untuk bisa menjadikan Outlet Desa seperti sekarang ini Bumdes Srimartani tidak sepenuhnya bergantung pada Pemerintah Desa atau istilahnya ‘tinggal terima jadi’. Keterbatasan dana juga tidak menciutkan semangat pengurus Bumdes untuk menunjukkan eksistensinya melalui Outlet Desa. Dengan dana yang ada Bumdes Srimartani mengerjakan renovasi bangunan seperti memasang plafon, mengecat dinding, memasang folding gate, instalasi listrik, dan beberapa pekerjaan kecil lainnya. Pendanaan renovasi dan pengadaan perlengkapan kantor berasal dari penyertaan modal Bumdes dan bantuan PMD Kabupaten Bantul. Meskipun Outlet Desa ini tergolong sederhana, Bumdes Srimartani menyediakan ruang khusus untuk menampilkan produk-produk UMKM di Desa Srimartani.

Kantor dan Outlet Desa Bumdes Srimartani Makmur

Melalui outlet ini masyarakat bisa memasarkan produk mereka. Jika selama ini para pelaku UMKM terhambat dalam masalah pemasaran dimana salah satunya karena tidak memiliki showroom sendiri, kini mereka tidak perlu pusing lagi mencari tempat untuk menampilkan produknya. Edy Risdian, Direktur Bumdes Srimartani Makmur, menyampaikan setidaknya sudah ada 20 UMKM yang menjalin kerjasama dengan Bumdes Srimartani Makmur. Seperti toko pada umumnya, Bumdes Srimartani memasang margin untuk tiap produk yang dijual dengan batas sewajarnya. Di sini Edy menekankan tujuan utama dari Outlet Desa adalah untuk menghidupkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui produk UMKM di Desa Srimartani.

Salah Satu Produk Batik UMKM di Srimartani

Produk-produk yang dipasarkan pun beragam mulai dari produk kerajinan seperti batik dan rajut, produk makanan olahan kemasan seperti keripik pisang, produk bumbu instan siap pakai, sampai produk herbal seperti jamu instan dan minuman herbal, serta beberapa produk lainnya. Selain produk UMKM, Bumdes Srimartani juga menyediakan e-warung, layanan PPOB, dan layanan jasa desain perencanaan dan IMB.

Salam sukses untuk Outlet Desa Srimartani dan Bumdes Srimartani Makmur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *