Ruangan Tengah Syncore hari itu penuh sesak. Antusiasme peserta untuk mengikuti TOT Pendampingan Pengelolaan Bumdes semakin meningkat. Merespon tingginya minat untuk pelatihan dan pendampingan Bumdes di berbagai tempat di Indonesia, kami terus bergerak. TOT Pendampingan Pengelolaan Bumdes dirancang memberikan pembekalan konseptual yang kuat dan pengalaman praktik yang detil. Membahas isu-isu terkini Bumdes, dan bagaimana praktik terbaik dalam mengatasinya. Mengusung spirit kolaborasi ABCGFM (Academics-Business-Community-Government-Financial-Media). Karena kita sadar untuk mendampingi 74.910 desa kita tidak bisa sendiri. Saat ini TOT sudah 7 angkatan dan melahirkan 100 lebih alumni yang siap mendampingi Penumbuhan, Penguatan dan Pengembangan Bumdes di seluruh Indonesia.

Keunggulan TOT yang dilaksanakan Syncore selain kombinasi konsep dan praktik, juga kelengkapan penunjang. Setiap peserta akan mendapatkan Modul Pembentukan dan Penguatan Manajemen Bumdes, Kertas Kerja Pemetaan Potensi, Akses ke Software Aplikasi Akuntansi Bumdes, login ke database peraturan dan referensi Bumdes, serta tergabung dalam group Alumni TOT untuk tindak lanjut paska TOT.

“Kita berikan ilmu, tidak kita tutup-tutupi, karena kita sadar kita tidak bisa bergerak sendiri. Saat ini sudah ada 22.000 Bumdes dan terus bergerak menuju 74.910, satu desa satu bumdes. Tidak ada satupun lembaga yang bisa mendampingi semuanya sendiri. Oleh karena itu kebahagian kita adalah ketika bapak ibu, sepulang dari sini, mengirimkan kita foto, ketika ibu sedang mendampingi Bumdes di daerah masing-masing”, Bp Rudy Suryanto, founder Bumdes.id dan SMB, memberikan penutup dalam sesinya. Sampai bertemu di agenda berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *