Project Implementasi Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB) Tahun Kedua dengan Bumdes Panggung Lestari

 

Senin, 5 Februari 2018. Tim bumdes.id telah melakukan kunjungan ke Bumdes Panggung Lestari untuk melangsungkan project implementasi Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB) tahun kedua dengan Bumdes Panggung Lestari. Tim Bumdes.id sendiri diwakili oleh Yeni Nurhayati selaku senior konsultan, Prisajuani selaku asisten konsultan dan Maulana Witantyo selaku asisten konsultan Syncore Indonesia.  Pertemuan tersebut membahas tentang delivery project sistem aplikasi akuntansi bumdes (SAAB) yang terbaru dan telah di upgrade sesuai dengan kebutuhan Bumdes Panggung Lestari.

Bumdes Panggung Lestari sendiri telah menggunakan aplikasi SAAB sebagai sistem akuntansi pencatatan dan pelaporan keuangannya mulai dari tahun 2017. Sistem pencatatan dan pelaporan tersebut di rasa sangat penting karena membatu baik dalam penginputan pencatatan transaksi secara otomatis maupun laporan keuangannya. Dari sistem SAAB output laporan keuangannya dapat digunakan untuk mengetahui kinerja manajemen/unit dan kinerja keuangan bumdes secara keseluruhan. Dari aplikasi akuntansi tersebut manajemen bumdes secara tidak langsung dapat melihat dan mengawasai penggunaan dananya dari setiap unit. Oleh sebab itu aplikasi SAAB ini dapat dijadikan sebagai monitoring dan evaluasi terhadap kepala unit dalam menjalankan amanahnya. Dengan menggunakan apikasi SAAB bumdes Panggung Lestari dapat menyajikan laporan keuangan yang akuntanble dan transparan. Dengan begitu, harapannya para stakeholders atau masyarakat dapat terus mempercayai kinerja Bumdes Panggung Lestari. Selain itu aplikasi SAAB adalah aplikasi berbasis kas yang mudah digunakan dan sangat cocok diterapkan untuk sistem pencatatan dan pelaporan keuangan Bumdes.

Tahun ini aplikasi SAAB di upgrade guna memenuhi kebutuhan setiap unit dari Bumdes Panggung Lestari. Adapun yang di upgrade adalah item/akun-akun yang ditambahkan dan jurnal umum yang sudah dibuatkan sesuai dengan SAK ETAP dengan tujuan Bumdes Panggung Lestari lebih mudah untuk mencatat transaksi-transaksi secara baik, benar dan konsisten.

Pertemuan tersebut di akhiri dengan penandatanganan laporan penyelesaian project SAAB tahun kedua oleh ibu Yeni Nurhayati selaku Senior Konsultan dari Syncore Indonesia dan bapak Edi Pambudi selaku ketua Bumdes Panggung Lestari.

 

Salam Bumdes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *