Mengapa Ada Desa Yang Menolak Adanya Bumdes? Bagaimana Solusinya?

Mengapa ada desa yang menolak adanya Bumdes atau menolak untuk membentuk Bumdes? Jawabanya adalah karena masih minimnya pengetahuan warga desa tentang Bumdes. Padahal pembentukan Bumdes merupakan program prioritas yang diluncurkan pemerintah pusat, khususnya terkait realisasi dana desa (DD). Desa yang menolak adanya Bumdes atau menolak untuk membentuk Bumdes belum mengetahui betapa pentingnya peran Bumdes bagi suatu desa, apa saja keuntungan yang akan didapatkan bila mendirikan Bumdes serta desa-desa mana saja yang sudah sukses dan sangat maju berkat menjalankan Bumdes.

Desa yang menolak adanya bumdes pasti belum mengetahui bahwa pembentukan Bumdes wajib dilakukan sesuai dengan undang-undang desa nomor 6/2014 yang berisi “Setiap desa perlu membentuk Bumdesa” atau mungkin mereka beranggapan bahwa untuk membentuk dan menjalankan bumdes memerlukan syarat-syarat yang rumit  sehingga timbulah pemikiran bahwa desa tidak memerlukan bumdes.

Hal-hal seperti ini harus segera diluruskan dan dicarikan solusinya agar tidak menjadi masalah yang berkepanjangan dan tidak ada lagi desa yang menolak adanya bumdes atau menolak untuk membentuk bumdes. Solusi yang tepat untuk masalah diatas adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan sosialisasi tentang undang-undang yang mengatur pembentukan Bumdes
  2. Memberikan sosialisasi mengenai apa itu Bumdes, pentingnya Bumdes dan mengapa Bumdes dibutuhkan
  3. Memberikan pelatihan atau pengarahan secara langsung di desa tentang cara-cara untuk membentuk bumdes, jika sudah diberikan pelatihan maka desa tersebut akan mengerti dan memahami tata cara dan syarat pembentukan Bumdes sehingga mereka tidak lagi berpikir bahwa untuk membentuk Bumdes harus mengurus syarat-syarat yang rumit.
  4. Memberikan pengarahan untuk memilih produk unggulan desa berdasarkan potensi desa yang ada, karena sesungguhnya setiap desa pasti memiliki suatu potensi yang bisa dikembangkan untuk usaha dan menghasilkan keuntungan bagi desa.
  5. Menunjukan contoh desa-desa yang sudah berhasil dengan menjalankan Bumdes, dengan begitu desa yang awalnya memiliki pemikiran untuk menolak adanya Bumdes akan mulai tertarik dengan keberhasilan yang diperoleh desa-desa lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *