Mana yang harus didahulukan terlebih dahulu? Membentuk BUMDes atau Mencari Potensi Desa?

Terkadang sebagian masyarakat memang di bingungkan pada permasalahan antara membentuk BUMDes dulu atau mencari potensi desa dulu.  BUMDes adalah suatu badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

BUMDes sebagai suatu badan usaha haruslah mampu menghasilkan dan harapannya dapat mensejahterakan masyarakat desa. Bagaimana caranya? Ya, hal yang paling mendasar adalah melihat potensi desa yang dimilikinya dan dimaksimalkan dengan baik. Dengan memaksimalkan potensi desa yang dipunyai maka desa tersebut akan kuat sebagai desa yang mempunyai cirikhas tersendiri dari pada desa lain.

Namun pertanyaan selanjutnya, Bagaimana cara mencari potensi desa?

Apabila desa anda merasa tidak memiliki potensi maka anda perlu mengganti kacamata. Kacamata yang digunakan adalah perspektif konsumen/orang luar. Sebagai contoh : Apabila anda setiap hari melihat air terjun yang indah, maka selanjutnya air terjun itu nampak biasa saja. Bagi yang tidak pernah ke desa, kehidupan di desa itu luar biasa. Bagi yang tidak pernah makan tiwul, tiwul itu istimewa. Dari contoh sederhana diatas maka pada dasarnya setiap desa pasti memiliki potensi usaha. Tinggal bagaimana anda melihat dan mengembangakannya dengan baik.

Jadi mana yang perlu didahulukan?

Ya betul. Sebelum membentuk BUMDes alangkah lebih baiknya anda harus melihat potensi desa terlebih dahulu. Anda perlu melakukan pemetaan potensi usaha dari desa anda. Dengan begitu maka BUMDes akan mengetahui unit usaha apa yang nanti dijalankannya. Karena apabila anda sudah membentuk BUMDes tapi tidak tau potensi desa yang dimilikinya maka pembentukan BUMDes akan sia-sia. BUMDes yang seharusnya sudah siap menjalankan unit usahanya akan tersendat dengan melakukan riset potensi usaha yang mana seharusya sudah dilakukan sebelum membentuk BUMDes. jadi dapat disimpulkan bahwa pencarian potensi desa merupakan salah satu tahap dalam membentuk BUMDes.

(Mekanisme Pembentukan BUMDes Selengkapnya Dapat di Baca Disini)

Salam BUMDes !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *