Kunci Sukses Keberhasilan BUMDes

 

         

Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa/ BUMDes) adalah  program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Tahun 2017. Bumdes dibentuk dengan tujuan agar desa mandiri secara ekonomi dan mampu memberikan kesejahteraan pada masyarakat sehingga desa mampu tumbuh menjadi kekuatan ekonomi Indonesia.

Apa kunci sukses BUMDes ?

  1. Mengubah Mindset

Konsep pemikiran menjadi penggerak langkah sebuah usaha.  Mindset negatif akan membuat energi kita habis untuk memikirkan hal-hal yang sebenarnya mungkin tak penting atau bisa kita atasi.  Dalam mendirikan BUMDes mindset negatif harus disingkirkan, kurangi menghawatirkan kekurangan dana, penolakan dari masyarakat, desa tidak memiliki potensi dsb.  Pusatkan pikiranmu pada solusi bukan pada masalah,Tapi bukan berarti tidak menghiraukan masalah.  Jika dana kurang mulailah dari usaha yang bisa diolah dengan dana yang ada.  jika masyarakat menolak itu karena masyarakat belum paham maka berikan sosialisasi.  Jika anda berpikir desa anda tidak memilki potensi ganti sudut pandang anda. Intinya semua masalah bisa di atasi jangan jadikan masalah sebagai hambatan tapi sebagi tantangan yang harus dilewati. Mindset positive adalah kunci sukses BUMDes.  Keyakinan untuk bisa menjadi baik  akan mendorong untuk melakukan usaha yang lebih maksimal untuk meraih sukses.  Maka bangunlah mindset positif  mulai dari sekarang.  Cara membentuk mindset positif adalah

  • Mengenali potensi desa
  • Belajar dari BUMDes yang telah berhasil
  • Ikutlah pelatihan atau seminar

 

Believing is seeing (percayalah maka kau akan melihat), kata inspiratif dari Kepala Desa Ponggok, yang dijabat oleh Bapak Junaedi Mulyono, S.H.

  1. Ketekunan

Pengurus BUMDes harus mengerti bahwa  usaha/bisnis itu memerlukan waktu dan memerlukan ketekunan karena dalam dunia ini tidak ada yang instan.  Tidak ada yang namanya kaya mendadak semua butuh pengorbanan. Pengurus BUMDes harus memiliki ketekunan untuk merintis BUMDes dengan memulai dari apa yang  bisa diolah.  Contohnya datang dari kisah BUMDes Tirta Mandiri yang didirikan oleh Pemerintah Desa Ponggok pada tanggal 15 Desember 2009. Desa Ponggok yang masuk daftar desa tertinggal pada tahun 2004 dengan pendapatan sebesar 14 juta pertahun kini telah memiliki omset sebesar 6,5 milyar pertahun. Pencapaian tersebut berkat ketekunan dalam mengembangkan potensi sumber mata air di Desa Ponggok. Sumber mata air yang dikenal dengan nama umbul Ponggok hanya digunakan untuk keperluan mandi dan mencuci kini menjadi wisata air yang memiliki pengunjung kurang lebih 50.000 orang/ bulan. BUMDes Tirta Mandiri  mampu mensejahterakan masyarakat desanya sehingga Desa Ponggok kini menjadi desa mandiri yang masuk daftar BUMDes terbaik di pulau jawa versi Kementerian desa tahun 2016.

 “1000.000 KM pasti dimulai dari 1 langkah”-unknow

  1. Pengendalian

Pengendalian BUMDes sangat penting dilakukan untuk mengevaluasi kinerja BUMDes apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan. Hasil evaluasi juga untuk menilai keuntungan, masalah, dan hambatan. Evaluasi akan digunakan untuk menentukan strategi yang akan dijalankan kedepan. pengendalian dilakukan oleh Badan Pengawas bersama masyarakat desa. Kontrol yang intens dapat menghindari terjadinya penyimpangan anggaran BUMDes. karena bila ini yang terjadi, kepercayaan masyarakat terhadap Badan Usaha Milik Desa akan pupus.

One Reply to “Kunci Sukses Keberhasilan BUMDes”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *