Bumdes Suta Jaya Komitmen Membantu Kesejahteraan Desa Pekandangan

Kali ini tim Bumdes.id berkesempatan untuk mewawancarai BUMDes milik Desa Pekandangan Kab. Indramayu, yaitu BUMDes Suta Jaya. Tim mendapat kesempatan untuk berbagi cerita dengan Bapak Muhammad Bisri, selaku sekertaris BUMDes Suta Jaya.

BUMDes Suta Jaya berdiri sudah berdiri sejak tahun 2016, namun beberapa kendala terkait kepengurusan sebelumnya membuat perkembangan BUMDes ini terhambat. Namun hal ini tidak mematahkan semangat pengurus BUMDes saat ini untuk terus berusaha. Saat ini BUMDes sedang dalam tahap berkembang dengan mengembangkan usaha dengan modal yang telah cair pada tahun 2017.

BUMDes Suta Jaya memiliki beberapa unit usaha yang meliputi:

  1. Sewa Gerobak/ Alat Pemanggang Sosis

  2. Sewa Lapangan Bola

  3. Jual Sembako

  4. Cuci Motor dan Helm

  5. Agen Pembayaran

Salah satu usaha yang menarik perhatian tim adalah usaha penyewaan alat pemanggang sosis. Usaha ini berjalan dengan tujuan tidak hanya mencari keuntungan tetapi juga memberdayakan masyarakat dan membuka peluang ekonomi untuk masyarakat. Unit usaha ini berdiri dengan tujuan agar keberadaan BUMDes dapat membawa kesejahteraan yang nyata bagi masyarakat.

Bapak Bisri juga mengemukakan bahwa unit usaha ini dipilih untuk menunmbuhkan jiwa usaha yang saat ini masih relatif rendah di masyarakat, dan juga menghindari praktek riba, jika BUMDes memberikan bantuan modal dalam bentuk uang kepada masyarakat. Unit usaha ini saat ini baru menyediakan 4 alat pemanggang dikarenakan modal yang belum banyak, namun kedepannya diharapkan dapat terus bertambah.

              

Unit usaha lainnya adalah usaha perdagangan. Saat ini BUMDes Suta Jaya baru menyediakan beras sebagai komoditi yang dijual. Bapak Bisri mengungkapkan bahwa mereka masih mencari cara untuk dapat menjual bahan-bahan pokok lainnya dengan harga yang terjangkau. Selain itu, BUMDes Suta Jaya juga menjalankan usaha pencucian motor yang juga tak kalah memberi manfaat bagi masyarakat.

Pada akhir sesi wawancara Bapak Bisri mengungkapkan bahwa masyarakat dan Pemerintah Desa Pekandangan saat ini telah memberikan dukungan penuh untuk kemajuan BUMDes Suta Jaya. Hal ini yang menjadi pemicu semangat pengurus BUMDes untuk terus maju sekalipun ada beberapa kendala atau pihak yang berusaha menghambat perkembangan BUMDes.

Salut untuk semangat juang BUMDes Suta Jaya! Ayo, BUMDes lain jangan mau kalah!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *