Kali ini tim Bumdes.id berkesempatan untuk mewawancarai salah satu BUMDes yang baru saja berdiri pada Januari 2018. Sekalipun BUMDes yang satu ini baru berdiri, BUMDes ini dapat dibilang berkembang dengan cukup pesat, hal ini terlihat dari beberapa kerjasama operasional yang telah berhasil di jalankan BUMDes.

Tim Bumdes.id mendapat kesempatan berbagi cerita dengan Bapak Anang Harris Himawan, yang merupakan ketua dari Bumdes Karya Mukti, Desa Saradan, Baturetno, Wonogiri Jawa Tengah. Bumdes Karya Mukti saat ini telah menjalankan beberapa unit usaha diantaranya, penjualan gas LPG, Agen46, BriLink, Sembako dan UKM (makanan olahan).

Bumdes Karya Mukti telah menjalin kerjasama dengan dua bank BUMD terkemuka yaitu bank BNI46 dan Bank BRI. Bapak Anang mengemukakan bahwa kerja sama ini dapat terjalin mengingat adanya MoU antara Kementerian Desa dan PDTT dengan bank-bank Nasional. Beliau mengemukakan bahwa kunci utama dapat bekerjasama adalah keaktifan dari pengurus BUMDes untuk memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan pemerintah. Selain itu peran serta dan dukungan dari Pemerintah Dearah juga sangat diperlukan untuk kemajuan BUMDes.

Unit usaha lainnya adalah penjualan sembako dan barang-barang keperluan sehari-hari. Unit usaha ini juga tidak kalah membanggakan karena telah berhasil menggandeng PT Wing’s Indonesia untuk menyuplai berbagai komoditas barang konsumen, baik itu family care (deterjen dan alat kebersiha) dan personal care (sabum, pasta gigi, shampoo). Kerjasama ini tentunya sangat menjanjikan karena barang-barang tersebut tentunya dipakai sehari-hari oleh masyarakat.

Ketike bertanya tentang bagaimana bisa Bumdes Karya Mukti dapat bekerjasama dengan PT Wing’s Indonesia, Bapak Anang mengemukakan bahwa BUMDes haruslah aktif dalam upaya menjalin kerjasama, BUMDes harus memberikan pengertian tentang BUMDes dan potensi desa, agar dapat meyakinkan perusahaan swatsa. Beliau juga mengemukakan perlunya data yang kuat untuk membuat perusahaan mau untuk bekerjasama.

Unit usaha yang terakhir adalah unit usaha yang dijalankan untuk membantu warga desa dalam menjalankan usahanya. BUMDes Karya Mukti memfasilitasi berbagai produk makanan olahan yang ada didesa untuk dapat berkembang lebih pesat lagi. Kedepannya direncanakan Bumdes Karya Mukti tidak hanya sebagai pemasar, tetapi juga membantu dalam pembuatan packing dan pengurusan PIRT. Saat ini Bumdes telah berhasil menggandeng Dinas Perindustrian untuk membantu unit usaha ini. Bapak Anang mengatakan bahwa kerjasama ini membuat banyak warga yang memiliki usaha UMKM menjadi lebih termotivasi lagi dalam menjalankan usahanya.

Saat ditanya tentang perkembangan yang pesat, Bapak Anang sebagai ketua mengungkapkan bahwa sejak awal pendirian bagi para pengurus selalu tidak ada kata lain kecuali hanya kata: BISA! Harus Bisa!, Tidak ada yang tidak bisa! Meskipun dalam praktiknya kenyataan tidak semudah yang dibayangkan, yang penting  adalah berusaha.

Pada akhir kesempatan wawancara, Bapak Anang mengungkapkan keinginan Bumdes Karya Mukti kedepannya untuk membuat BumdesMart, yang nantinya akan menjadi pusat pemasaran produk-produk UKM lokal desa. Bumdes juga diharapkan bisa menampung hasil pertanian dan perkebunan dan langsung dijual ke pabrik (One Hand One Line) tanpa melalui tengkulak. Oleh karena itu, support dari Pemerintah Desa Saradan untuk kemajuan Bumdes yang lebih pesat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *