Apakah yang Dimaksud Dengan LPJ BUMDES

 

Laporan pertanggung jawaban atau LPJ  BUM Desa adalah kegiatan pertanggungjawaban suatu kegiatan selama satu pereode yang sudah berjalan yang dibuat dalam setia ahir masa pengurusan. Kegiatan pelaporaan dalam LPJ berupa pelaporan seluruh kegiatan yang telah dilakukan oleh ketua, sekertaris dan bendahara. Pelaporan yang harus dimasukkan ke dalam LPJ oleh ketua berupa seluruh kegiatan mulai dari program kerja, pemilihan ketua pelaksana, serta kendala dan saran selama kegiatan.  Pelaporan yang harus dibuat oleh bendahara keuangan adalah pelaporan seluruh keuangan mulai dari sumber dana, tambahan dana yang diperoleh, rincian pengeluaran dana anggaran yang digunakan, dan yang paling penting adalah bukti pembayaran pengeluaran. Selain itu sekertaris pun harus melaporkan selama satu pereode berupa pelaporan seluruh surat yang terkirim, jadwal agenda rapat yang telah terlaksana selama pra kegiatan. Kegiatan pertanggungjawaban tersebut dibuat di ahir masa pereode pelaksanaan. Kegiatan pertanggungjawaban dalam suatu kegiatan/pereode dapat  berbentuk laporan dokumen tertulis selama satu pereode berjalan. Laporan Pertanggungjawaban tersusun secara sistematis (mengikuti susunan/urutan tertentu yang bersifat logis); Komprehensif (mencakup keseluruhan informasi yang perlu diketahui, yaitumeliputi 5W+1H: What, Why, When, Where, Who, How).

Kegiatan ini sangatlah penting dilakukan karena LPJ ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencapaiannya sehinggaa dapat mengevaluasi selama satu pereode berjalan. Kegiatan pembuatan LPJ tersebut bertujuan untuk:

  1. Sebagai pengukur kemampuan serta untuk mempertanggung jawabkan hasil kerja pelaksana;
  2. Menjelaskan secara rinci kronologis kegiatan, pra kegiatan, saat pelaksanaan dan akhir pelaksanaan;
  3. Mengetahui kendala-kendala serta kekurangan-kekurangan yang dihadapi oleh pelaksana;
  4. Menjadi masukan atau saran untuk pelaksana kegiatan berikutnya agar dapat meningkatkan kualitas kegiatan serta tidak mengulangi kesalahan, kekurangan yang pernah dilakukan;
  5. Mempertangggung jawabkan keuangan kegiatan sehingga dana masuk dan keluar dapat diketahui secara rinci.

Pelaksanaan pembuatan LPJ BUM Desa dilakukan selama satu pereode yang telah dilakukan yaitu selama 12 bulan. Kegiatan tersebut berupa pelaporan dari ketua berupa seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan, semua kendala dalam program kerja dan saran yang diberikan. Pelaporan sekertaris berupa jadwal agenda rapat, yang telah terlaksana selama pra kegiatan, hasil rapat yang telah terlaksana, jumlah proposal yang dikirim. Bendahara juga harus melaporkan kegiatan selama satu pereode berupa seluruh keuangan mulai dari sumber dana, tambahan dana yang diperoleh dan pengeluaran dana yang dipergunakan.

Kegiatan pembuatan pelaporan yang telah dibuat perlu disampaikan kepada tingkat atas, hal ini bertujuan sebagai bentuk pertanggungjawaban kegiatan yang telah terlaksana. Pelaporan LPJ ada 3 tahap penyampaian LPJ BUMDES yaitu :

a.Pelaksana Operasional melaporkan pertanggungjawaban pelaksanaan BUM Desa kepada Penasihat yang secara ex-officio dijabat oleh Kepala Desa.

b.BPD melakukan pengawasan terhadap kinerja Pemerintah Desa dalam membina pengelolaan BUM Desa.

c.Pemerintah Desa mempertanggungjawabkan tugas pembinaan terhadap BUM Desa kepada BPD yang disampaikan melalui Musyawarah Desa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *