Produk Unggulan Kawasan Pedesaan atau biasa disebut Prukades merupakan langkah untuk memajukan desa dengan menciptakan produk unggulan desa. Prukades adalah program pertama dari empat priotitas yang dicanangkan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) dalam program Dana Desa. Jika sebuah desa telah menemukan produk unggulan untuk dikembangkan maka lebih mudah bagi desa untuk membangun akses pasar dan  bisa dikembangkan dalam skala besar sehingga lebih menguntungkan. Penentuan produk unggulan dapat mempertimbangkan beberapa hal anatara lain :

  1. Produk berasal dari potensi sumberdaya lokal, hal ini bertujuan agar sumberdaya yang ada didesa terpakai secara maksimal. Apabila sumberdaya berasal dari luar daerah atau dari luar desa maka disarankan agar melakukan pengolahan kembali atau membuat nilai tambah yang bisa menjadikan pembeda antara produk yang didapatkan dari sumberdaya luar daerah dengan produk unggulan yang akan dipasarkan dari desa tsb.
  2. Memiliki pasar yang besar sehingga produk akan mudah terjual dan menghasilkan keuntungan yang melimpah.
  3. Produk dapat mendorong tumbuhnya berbagai kegiatan ekonomi lainnya, sehingga mampu memberi kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi desa.
  4. Tidak mematikan atau bertolak belakang dengan usaha yang umumnya dijalankan di desa.
  5. Produk unggulan juga bisa mempertimbangkan produk yang sedang tren dipasaran.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal diatas penentuan produk unggulan akan mudah dilakukan dan memperkecil kemungkinan kesalahan penentuan produk.

 

Apa saja keuntungan yang didapatkan dengan memiliki Prukades?

Penentuan produk unggulan kawasan pedesaan akan memberikan banyak keuntungan diantaranya adalah sebagai berikut :

Menjadikan Petani Lebih Terampil dan Ahli.

Apabila desa sudah fokus pada satu produk unggulan, maka akan muncul petani-petani yang fokus membudidayakan komoditi tertentu. Ketika mereka fokus dan didukung dengan peningkatan kapasitas, belajar besama antar petani maka petani akan semakin terampil dan ahli.

 

Mempermudah Akses Modal

Akses modal akan mudah diperoleh apabila suatu desa berfokus pada satu produk unggulan dan melakukan keberlanjutan produksi produk unggulan tersebut. Jika kapasitas produksi produk sudah baik dan berkelanjutan lembaga pembiayaan (Bank, Koperasi dll) akan bisa memberikan akses pembiayan untuk modal usaha.

 

Menarik Kehadiran Investor

Para investor akan tertarik untuk bekerjasama apabila produk unggulan desa memiliki kulaitas, kuantitas dan kontinuitas yang baik.. Investasi bisa dilakukan pada kerjasama on farm (budidaya), off farm (pengolahan komodit) dan market (pemasaran). Sehingga pertumbuhan ekonomi desa akan semakin cepat dan merata.

 

Membuka Lapangan Kerja Baru dan Peluang Usaha Baru

Pembuatan Produk Unggulan Desa akan berdampak pada membuka lapangan kerja baru dan peluang usaha baru, dengan adanya lapangan kerja dan peluang usaha baru secara otomatis akan meningkatkan penyerapan Tenaga Kerja dan mengurangi Pengangguran yang ada di Desa.

 

Kesejahteraan Meningkat Dan Menanggulangi Kemiskinan Di Perdesaan

Pada akhirnya akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa dan menanggulangi kemiskinan di perdesaan.

 

Apakah Mengajukan Prukades Harus Menggunakan Proposal?

Tidak perlu proposal tebal untuk menjalankan Prukades, hanya perlu menentukan produk unggulan dengan melampirkan lokus program dan penerima bantuannya dengan jelas. Hal tersebut disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

Sekarang kita sudah mengetahui bahwa untuk menjalankan Prukades tidak memerlukan syarat yang rumit, bahkan dengan menjalankan prukades akan banyak mendatangkan kentungkan bagi desa. Tunggu apalagi? Ayo tentukan Produk Unggulan Kawasan Desa-mu mulai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *