BUMDes(Badan Usaha Milik Desa) adalah sebuah entitas usaha yang mengedepankan tidak hanya mencari profit, tetapi bagaimana membawa benefit pada kehidupan sosial-ekonomi masyarakat desa. Secara umum, tujuan dari pendirian BUMDes  adalah untuk untuk:

  1. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat (standar pelayanan minimal), agar berkembang usaha masyarakat di desa.
  2. Memberdayakan desa sebagai wilayah yang otonom berkenaan dengan usaha produktif bagi upaya pengentasan kemiskinan, pengangguran dan peningkatan PADesa.
  3. Meningkatkan kemandirian dan kapasitas desa serta masyarakat dalam melakukan penguatan ekonomi di desa.

Sekalipun merupakan sebuah badan usaha, BUMDes tidak boleh melupakan tujuannya untuk memberdayakan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri. Oleh karena itu, dalam mengelola BUMDes dengan maksimal dan tepat sasaran diperlukan idealism kuat dari para pengurus BUMDes nantinya bahwa pengelolaan BUMDes harus dijalankan dengan menggunakan prinsip:

  1. Kooperatif: Semua komponen yang terlibat di dalam BUMDes harus mampu melakukan kerjasama yang baik demi pengembangan dan kelangsungan hidup usahanya.
  2. Partisipatif: Semua komponen yang terlibat di dalam BUMDes harus bersedia secara sukarela atau diminta memberikan dukungan dan kontribusi yang dapat mendorong kemajuan usaha BUMDes.
  3. Emansipatif: Semua komponen yang terlibat di dalam BUMDes harus diperlakukan sama tanpa memandang golongan, suku dan agama.
  4. Transparansi: Aktivitas yang berpengaruh terhadap kepentingan masyarakat umum harus dapat diketahui oleh segenap lapisan masyarakat dengan mudah dan terbuka.
  5. Akuntable: Seluruh kegiatan usaha harus dapat dipertanggung jawabkan secara teknis maupun adminstratif.
  6. Sustainable: Kegiatan usaha harus dapat dikembangkan dan dilestarikan oleh masyarakat dalam wadah BUM Desa.

Jika seluruh prinsip diatas dipegang oleh BUMDes dalam menjalankan usahanya, tentu saja BUMDes dapat menjadi angin segar bagi masyarakat desa. Oleh karena itu, mari kita bersama membangun desa dengan memberdayakan BUMDes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *