Pembagian Hasil Usaha BUMDes Panggung Lestari

BUMDes sebagai suatu badan usaha yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan pemberdayaan masyarakat haruslah dijalankan dengan baik. Untuk itulah butuh manajemen yang kuat yang mampu memaksimalkan potensi desa sehingga diharapkan dapat mensejahterakan warga desa salah satunya adalah BUMDes Panggung Lestari

BUMDes Panggung Lestari merupakan BUMDes yang berdiri pada tahun 2015. BUMDes Panggung Lestari mempunyai 5 unit usaha dengan net profit tahun 2017 sebesar 129,4 Juta. Dengan omzet sebanyak itu maka perlu memiliki sistem manajemen pengelolaan hasil usaha yang tepat. Oleh sebab itu BUMDes panggung lestari memiliki sistem pengelolaan pembagian hasil usaha sebagai berikut :

  1. Pemerintah Desa sebanyak 40 % yaitu 51,7 Juta
  2. Penambahan Modal Laba Ditahan sebanyak 35% yaitu 45,2 Juta
  3. Bonus Manajemen Karyawan sebanyak 20% yaitu 25,8 Juta
  4. Dana Sosial sebanyak 5% yaitu 6,4 Juta

Adapun penentuan pengelolaan pembagian hasil usaha ditentukan oleh Musyawarah Desa yang telah disepakati. Pertanyaannya bagaimana memanfaatkan 35% modal (45,2 Jt) untuk pengembangn masing-msing unit usaha?

Menurut bapak Eko Pambudi selaku Ketua BUMDes Panggung lestari penambahan dana modal tersebut di alokasikan ke setiap unit usaha dengan sistem proporsional.  Adapun sistemnya  proporsionalnya di analisis dari setiap racangan program masing-masing unit usaha yang akan dilakukan dalam satu periode berjalan dikurangi kebutuhan apa saja yang terkait dengan rancangan tersebut. Dari situlah maka BUMDes akan mengalokasikan dananya sebagai dana pengembangan dari setiap unit.

Pengelolaan Hasil Usaha BUMDes memang menjadi titik krusial demi kelangsungan BUMDes yang telah dibangun karena dari situlah titik ukur kemajuan BUMDes. Oleh sebab itu menjadi penting sistem pengelolaan hasil usaha yang ditentukan pada musyawarah desa

BUMDEs maju! Indonesia Berjaya!

Salam BUMDes!

One Reply to “Pembagian Hasil Usaha BUMDes Panggung Lestari”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *