BUMDesa Serba Usaha Penyokong Jalannya Ekonomi Desa Tri Gadu

 

Bumdes.id kali ini kembali untuk membawakan kisah inspiratif dari BUMDesa-BUMDesa dari seluruh penjuru Nusantara. Kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu BUMDesa yang berasal dari Desa Tri Gadu Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, yaitu BUMDesa Serba Usaha. BUMDesa ini berdiri pada tanggal 15 agustus 2016dan baru mulai beroperasi pada 1 januari 2017.

Melalui wawancara singkat dengan Bapak Winda. M.EP, yang merupakan mantan direktur BUMDesa periode 2016 – 2017 yang saat ini menjabat sebagai pengawas BUMDesa, Tim BUMDesa.id menemukan banyak cerita menarik mengenai BUMDesa yang satu ini, yang mana usahanya benar-benar dirasakan dapat membantu kemajuan ekonomi masyarakat setempat.
Desa Tri Gadu memiliki penduduk yang mayoritas bekerja di sektor pertanian, yaitu sekitar 90% dari jumlah penduduk. Hal ini menjadikan kebanyakan Unit Usaha BUMDesa ini bergerak dibidang yang mendukung pekerjaan mayoritas warga sebagai petani. Unit-unit usaha tersebut meliputi:
1. Unit usaha transportasi
2. Unit usaha saprodi
3. Unit usaha jasa pembayaran
4. UMKM

Unit usaha transportasi adalah unit yang memberikan manfaat luar biasa bagi masyarakat Desa Tri Gadu. Lokasi Desa khas Pulau Kalimantan yang memiliki sungai yang luas kadang kala menjadikan desa memiliki akses yang terbatas dan mengahambat jalannya perekonomian. Hal inilah yang coba dijawab oleh BUMDesa Tri Gadu melalui unit Usaha yang menyediakan transportasi penyeberangan untuk warga. Keberadaan unit usaha ini dapat membantu mobilitas warga dan juga mobilitas barang-barang hasil pertanian warga.

Sebelum adanya BUMDesa, warga Desa Tri Gadu kerap mengalami kesulitan untuk menyeberang ke desa lain, diakibatkan perahu penyeberangan yang ada dan dikelola secara pribadi oleh warga desa lain hanya melayani penyeberangan di siang hari. Setelah BUMDesa membuka unit usaha penyeberangan dengan menyediakan perahu dan mesin tempel ini, warga dapat menyeberang baik siang maupun malam, karena unit ini beroperasi dalam 2 shift. Kedua shift itu meliputi shift siang (06.00-17.30) dan shift malam (hingga pukul 05.30). Dengan ini warga dapat menjalankan aktivitas ekonomi dengan lebih lancar. Selain itu, unit usaha ini juga berhasil menyerap tenaga kerja hingga 46 orang. Sehingga keberadaan BUMDesa Serba Usaha juga berkontribusi dalam mengurangi pengangguran yang ada di desa.

Selain itu, BUMDesa Serba Usaha juga menjalan Unit Usaha Saprodi. Unit Usaha ini bergerak dibidang penyediaan berbagai keperluan masyarakat dalam bertani. Hal ini dilakukan untuk mempermudah akses masyarakat yang mayoritas petani dalam memperoleh bahan-bahan yang diperlukan untuk menjalankan usahanya.

BUMDesa Serba Usaha, melalui Unit Usaha UMKM juga berhasil membuat produk Dodol Pepaya. Pembuatan Dodol Pepaya ini dilakukan oleh BUMDesa dengan memanfaatkan pepaya hasil pertanian masyarakat desa, sehingga dapat dijual dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi.
Keempat Unit Usaha yang berjalan ini selain memberikan manfaat bagi masyarakat, juga terbukti dapat memberikan pemasukan yang lumayan besar bagi desa. Dalam 6 bulan terakhir, BUMDesa Serba Usaha telah mengantongi keuntungan bersih hingga Rp. 56 juta!

Menurut penuturan Winda, pada proses awal pendirian BUMDesa, tidak dapat dipungkiri terdapat banyak halangan yang menghadang, terutama mengingat saat itu BUMDesa masih merupakan sesuatu yang ‘langka’ di Kabupaten Sambas, bahkan di Kalimantan Barat. Oleh karena itu perlu dilakukan kerja keras untuk meyakinkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, perangkat desa, BPD, LKD, dan LPM. BUMDesa harus berusaha untuk mengedukasi masyarakat yang notabene saat itu masih berorientasi pada pembangunan fisik.

Diakhir wawancara, Winda tak lupa menyampaikan harapannya untuk BUMDesa, pemerintah desa, dan masyarakat. Beliau berharap agar BUMDesaa Serba Usaha dapatmeningkatkan kepercayaan masyarakat agar BUMDesa kehadirannya dapat lebih membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Untuk Pemerintah Desa Tri Gadu beliau mgnharapkan dukungan dan pengawasan serta gagasan yang dapat meningkatkan dan memajukan BUMDesa Serba Usaha. Dan untuk masyarakat, terus berikan kepercayaan kepada BUMDesaa utk meningkatkan perekonomian, agar visi dan misi yang ada dapat dicapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *