BUMDes Sabilulungan, Berdiri Berkat Dedikasi Pengurus

BUMDes Sabilulungan adalah Badan Usaha Milik Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. BUMDes ini yang berdiri sejak 28 Desember 2017 dengan menggunakan akta notaris tertanggal 17 Februari 2017. BUMDes Sabilulungan ini dipimpin oleh Drs. Rahmat Mulyadi dari tahun 2016 sampai sekarang, yang mana Bapak Rahmat Mulyadi telah lama bergelut dibidang perkoperasian dan anggota Dewan Perkoperasian Sukabumi.

Hal yang perlu diapresiasi dari BUMDes Sabilulungan adalah keteguhan para pengurus BUMDes untuk mewakafkan diri untuk pengembangan kemasyarakatan desa. Hal ini terlihat dari komitmen pengurus BUMDes untuk tidak mengambil honorer selama membantu pengelolaan BUMDes. Pengurus BUMDes Sabilulungan bertekat sepenuhnya mencoba untuk memberikan yang terbaik untuk memajukan ekonomi desa melalui BUMDes ini.

BUMDes Sabilulungan merupakan bukti nyata bahwa BUMDes bukan merupakan badan usaha yang berfokus pada mencari keuntungan saja, tetapi membawa manfaat. Pengurus BUMDes Sabilulungan yang terdiri atas orang-orang hebat yang memang peduli terhadap perkembangan desa mereka. Pengurus BUMDes ini terdiri dari berbagai tokoh dari pengusaha, pendamping berbagai lembaga besar, arsitek, pengembang sanggar budaya, hingga budayawan, yang mendedikasikan dirinya untuk mengembangkan desa melalui BUMDes.

BUMDes Sabilulungan mengemban misi besar untuk menbawa kesejahteraan bagi masyarakat Desa Sukamaju. Misi besar ini tertuang dalam 6 program yang kedepannya akan dikembangkan oleh BUMDes Sabilulungan, yaitu:

  1. Integrated Farming System, atau sistem pertanian terpadu yang dapat diartikan sebagai penggabungan semua komponen pertanian dalam suatu sistem usaha pertanian yang terpadu. Sistem ini mengedepankan ekonomi yang berbasis teknologi ramah lingkungan dan optimalisasi semua sumber energi yang dihasilkan.
  2. Program Water Access Sanitation and Hygienes (WASH) adalah sebuah program sosial-lingkungan dalam mendapat akses yang cukup terhadap air bersih secara berkelanjutan.
  3. Program Five Green Bank, merupakan program yang bertujuan membantu ketersediaan pangan di tingkat rumah tangga serta pemilahan sampah merupakan bagian dari sistem Ketahanan Pangan serta memelihara lingkungan yang harus dibangun dengan pemberdayaan masyarakat luas.  Program ini diupayakan masyarakat mengelola pekarangan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan serta pemilahan sampah rumahtangga, karena kegiatan pengelolaan pekarangan tersebut diharapkan akan menjamin ketersediaan pangan secara beragam dan terus menerus.
  4. Program Paguyuban UMKM merupakan kumpulan Usaha kecil menengah yang berada di kawasan Desa Sukamaju yang bermitra dengan Bumdes Sabilulungan.
  5. Program Ngarasa (Perdagangan Barang dan Jasa) merupakan aktivitas utama dalam kegiatan ekonomi Bumdes Sabilulungan Desa Sukamaju Kadudampit Kabupaten Sukabumi.
  6. Program Wibawa (Wisata Alam dan Budaya) merupakan program kekayaan yang sudah ada di daerah Desa Sukamaju dan merupakan gerakan menjaga serta dikembangkan menjadi pariwisata nilai, budaya,serta alam sehingga muncul kecintaan lingkungan serta menanamkan nilai-nilai luhur yang positif pada setiap generasi. Program ini akan mengelola beberapa wisata desa yang dimiliki Desa Sukamaju saat ini yaitu:
  • Tubing sungai
  • Kampung budaya lembur tengah
  • Air terjun Curug Sawer
  • Adventure Alun-Alun Gunung Gede Pangrango
  • Situs pra sejarah Batu Jangkung.
  • Green Life
  • Jambatan terpanjang
  • Budaya Sunda Ayam Pelung
  • Desa Kincir Angin
  • Wisata Religi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *