Laporan Keuangan merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan guna tercapainya akuntanbilitas di Badan Usaha Milik Desa. Laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa dapat digunakan sebagai gambaran bagaimana keadaan keuangan Badan Usaha Milik Desa dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, apakah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.
Dalam Permendesa No. 4 Pasal 31 pun dijelaskan bahwa Badan Usaha Milik Desa wajib untuk melaporkan pertanggungjawaban dalam melaksanakan kegiatan operasional Bumdes.

Bumdes Panggung Lestari salah satu Bumdes yang sangat patuh terhadap pentingnya pelaporan keuangan. Dikarenakan Bumdes Panggung Lestari merupakan salah satu Bumdes Terbaik yang omsetnya telah mencapai 1,7 M maka akan sangat kewalahan sekali apabila pencatatan transaksi dilakukan secara manual. Oleh karena itu, Manajemen Bumdes Panggung Lestari bekerjasama dengan Tim Bumdes id untuk menggunakan Aplikasi yang dikembangkan oleh Bumdes.id yaitu Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes. Kerjasama ini telah berjalan 1 Tahun lebih dan terbukti Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes sangat ramah untuk digunakan.

Pada Januari 2018 tim bumdes.id pun melakukan Review terhadap laporan keuangan Bumdes Panggung Lestari yang menggunakan Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes. Review Laporan keuangan ini ditujukan untuk mengetahui apakah inputan yang dilakukan sudah sesuai apa belum dengan transaksi. Dalam 4 Hari tim Bumdes.id melakukuan review dan akhirnya laporan keuangan Bumdes Panggung Lestari selesai dilakukan review.

Semangat Bumdes Panggung Lestari dalam melaporkan pertanggungjawabannya patut untuk ditiru Bumdes-bumdes lainnya karena pentingnya pelaporan dalam menjalankan Bumdes.

Terus Bergerak, Demi Maju nya Bumdes Indonesia!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *