Berapa Lama Sebaiknya Kepengurusan Pengurus Bumdes?

Banyak di forum Whatsapp Group Bumdes.id menanyakan apakah ada aturan yang mengatur terkait masa kepengurusan pengurus bumdes sebaiknya berapa lama? apakah ada aturan yang mengatur hal tersebut?

Kali ini bumdes.id akan sedikit mengulas terkait masa kepengurusan pengurus bumdes.

Berdasarkan aturan yang ada saat ini belum ada aturan yang mengatur terkait berapa lama sebaiknya pengurus Bumdes menjabat. Hal ini menandakan bahwa Bumdes dan masyarakat diberikan kebebasan untuk menentukan berapa lama waktu kepengurusan sebaiknya berjalan. Bebas bukan berarti asal asalan dalam menentukan masa kepengurusannya. Bebas juga harus memiliki prosedur yang jelas dimana terkait masa kepengurusan harus tertuang dalam AD/ART dan harus disetujui melalui forum musyawarah desa.

Sebagai contoh, Bumdes Panggung Lestari menerapkan untuk masa kepengurusan pengurus Bumdes tidak melebihi masa jabatan Kepala Daerah . Di Bumdes Panggung Lestari untuk masa kepengurusan pengurus bumdes hanya 3 tahun dan dalam AD/ART tercantum pengurus tersebut dapat dipilih kembali. Sama halnya dengan Bumdes Tirta Mandiri Ponggok, untuk masa kepengurusan pengurus Bumdes hanya 3 tahun masa jabatan dan tidak melebihi masa jabatan Kepala Desa.

Kesimpulannya, berapa lama kepengurusan pengurus bumdes semua harus disepakati dalam Musyawarah Desa dan tercantum dalam AD/ART yang menjadi dasar berjalannya Badan Usaha Milik Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *