Perlukah Pembuatan Proposal Dalam Penyertaan Modal Awal Bumdes?

Perlukah pembuatan proposal kepada Pemdes dalam penyertaan modal awal Bumdes?

Hal ini masih menjadi suatu perdebatan dikalangan para praktisi Bumdes. Mengapa? karena ada yang beranggapan cukup dengan Perdes penyertaan Modal  saja dan ada yang beranggapan perlu proposal untuk pengajuan dana tersebut agar tujuan dana tersebut jelas.

Secara garis besar sesuai dengan pengertiannya, penyertaan modal adalah bentuk Investasi Pemerintah pada Badan Usaha dengan mendapat hak kepemilikan, termasuk pendirian Perseroan Terbatas dan/atau pengambilalihan Perseroan Terbatas. Sama hal nya dengan Bumdes, dalam bumdes penyertaan modal diartikan sebagai bentuk investasi Pemerintah Desa dan atau pihak lainnya terhadap badan usaha yang dalam hal ini adalah Bumdes dengan mendapatkan hak kepemilikan.

Dalam pembentukan Bumdes tidak ada aturan yang mengatur bahwa untuk penyertaan modal awal dari Pemdes ke Bumdes harus menggunakan proposal. Artinya, penyertaan modal dari Pemdes ke Bumdes hanya cukup dengan Perdes yang mengatur tentang penyertaan modal awal yang ditetapkan dalam Musdes. Untuk alokasi penggunaan dana itu juga sudah harus tertuang dalam perdes sehingga dana penyertaan modal tersebut jelas alokasi nya untuk apa saja.

Terus bagaimana untuk pertanggungjawaban Pemdes apabila tidak pakai proposal? Dalam hal ini bukti yang dapat dijadikan Pemdes sebagai bentuk pertanggungjawaban adalah kwitansi dan berita acara penyerahan modal.

Tetapi tidak menutup kemungkinan Bumdes dapat membuat proposal tapi bukan dalam kasus penyertaan modal awal Bumdes. Sebagai contoh, Misalkan Bumdes mengadakan kegiatan , tetapi mereka kekurangan dana, dari kasus tersebut mereka dapat mengajukan penambahan dana kepada Pemdes atau pihak 3 lainnya untuk menutup kekurangan dana tersebut dengan mengajukan proposal.

Kesimpulanya, dalam pembentukan awal Bumdes, penyertaan modal dari Pemdes itu TIDAK PERLU dengan proposal hanya cukup dengan Perdes yang mengatur terkait penyertaan modal awal .

Untuk contoh raperdes penyertaan modal dapat diunduh melalui http://bumdes.id/downloads/

Salam Bumdes!

Untuk materi materi terkait bumdes dapat di klil link berikut : http://bumdes.id/blog/category/materi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *