Strategi Marketing Mix Untuk Bumdes

Marketing Mix adalah salah satu teori pemasaran yang cukup populer dalam ilmu marketing. Teori ini dikemukakan oleh Philip Kotler, seorang tokoh dibidang manajemen pemasaran. Teeori ini berisi hal-hal yang perlu diperhatikan agar produk yang kita jual dapat diterima oleh pasar. Hingga saat ini teori ini masih sangatrelevan untuk digunakan, tidak terkecuali untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Konsep ini biasa juga dikenal dengan konsep 4P, yang meliputi:

• PRODUCT = yaitu mengenai produk apa yang akan kita tawarkan ke pasar dan apa yang membuatnya lebih unggul atau unik dibanding produk sejenis lainnya.

• PLACE = yaitu lokasi tempat dimana kita akan memasarkan produk yang kita hasilkan, keterjangkauan adalah salah satu yang banyak dicari oleh konsumen.

• PRICE = Harga dari produk yang kita jual perlu diperhatikan, agar dapat diterima pasar produk harus memberikan manfaat yang dirasa sebanding atau bahkan lebih dari harga yang harus mereka bayarkan.

• PROMOTION = yang terakhir adalah promosi, karena sebagus apapun barang yangdiproduksi akan sia-sia jika tidak dapat menyampaikan keunggulan produk kepada pembeli.

Konsep 4P ini sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pemasaran produk BUMDes, karena BUMDes juga merupakan sebuah badan usaha yang tentunya perlu untuk menghasilkan keuntungan.

 

Baca Juga: 10 Kegagalan Dalam Pemasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *