Ada hal yang sangat berbeda dari Penyelenggaraan Rembug Desa Nasional 2017 (#RDN2017) dibanding rembug-rembug desa sebelumnya. RDN2017 positif akan dilaksanakan di Desa Panggungharjo Sewon Bantul. Pemilihan Desa Panggungharjo, Desa Teladan Nasional 2014, tentu bukan hanya kebetulan. Diskusi tentang konsep maupun tempat sudah mulai dibicarakan sejak Kunjungan Pak Menteri Eko Putro Sandjojo ke Panggungharjo Februari 2017.

Tema yang dipilih adalah Merayakan Kebangkitan Ekonomi Desa. Tema ini dipilih karena dalam sepuluh tahun kedepan ada 3 sumberdaya yang sangat mahal, yaitu udara bersih, air bersih dan pangan sehat. Ketiganya semua ada di desa. Peran strategis desa saat ini bukan hanya sebagai penyangga ekonomi Indonesia, tetapi juga sebagai kontributor penting bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan dunia.

Membangun kesadaran bahwa desa memiliki peran strategis, mutlak untuk terus dilakukan. Nasib desa tidak akan pernah berubah, kecuali warga masyarakat desa tersebut yang merubahnya. Bantuan dan fasilitasi dari pihak luar lebih bersifat stimulan dan membantu pengembangan, bukan yang utama. Faktanya sudah ada desa-desa yang berhasil menemukenali potensi lokal dan mengembangkannya menjadi produk-produk dan layanan yang bisa bersaing dalam lingkup regional dan bahkan nasional. Cerita-cerita sukses tersebut perlu terus digali dan diangkat ke permukaan, sebagai upaya untuk melakukan counter terhadap berita-berita negatif tentang penggunaan Dana Desa, dan juga sebagai upaya membangun kesadaran kolektif bahwa desa bisa dan mampu memainkan peran-peran strategis dalam menyangga ekonomi Indonesia dan berperan penting dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Untuk mendukung upaya tersebut bisa lestari dan menyebar merata di Indonesia, diperlukan Sinergi ABCGFM (Akademisi – Bisnis Swasta – Community – Government – Financial Institution – Media ). Seminar Kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Desa dimaksudkan untuk merumuskan peta jalan, menyerap aspirasi dan merapatkan barisan ABCGFM untuk disepakati dan dilaunching di acara Rembug Desa Nasional 2017 dalam bentuk Piagam Jogjakarta.

 

SIlahkan download TOR Lengkap Seminar Kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Desa

02 TOR SKEID 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *