Kunjungan Kerja Presiden Ke Pandeglang

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kabupaten Pandeglang Pada 4 Oktober 2017. Kunjungan ini dilakukan untuk meninjau produk unggulan kawasan desa (PRUKADES) di Kabupaten Pandenglang, Banten.Kunjungan kerja tersebut merupakan bentuk komitmen bapak presiden untuk terus mendorong peningkatan gerak pembangunan dari kawasan perdesaan. Salah satu desa yang dikunjungi adalah Desa Muruy, Kecamatan Menes.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, menjelaskan bahwa Presiden Jokowi mempunyai beberapa agenda selama berkunjung ke Provinsi Banten. Diantaranya adalah meresmikan pembangunan embung dan waduk yang akan dibangun dibeberapa desa di Kabupaten Pandeglang Menteri Desa dan PDPTT juga berharapkunjungan langsung presiden ini menjadi sinyal nyata kepedulian pemerintah pusat terhadap perkembangan desa.

Kabupaten Pandeglang sendiri merupakan kawasan pengahsil komoditas jagung dengan luas lahan yang ditamani jagung sebesar 51.446 hektare dan menghasilkan sekitar 300.000 ton/tahun. Pertanian jagung ini mendatangkan potensi pendapatan hingga Rp1,3 triliun pertahunnya.

Selain jagung, Kabupaten Pandeglang juga memiliki potensi pada komoditas perikanan terutama budidaya ikan Kerapu. Potensi ini dinilai masihsangat perlu dikembangkan karena diperkirakan akan menghasilkan 92.917 ton Ikan Kerapu per tahun, jika budidaya dilakukan dengan lebih maju.

Selain itu, presiden Joko Widodo juga berencana akan meresmikan beberapa BUMDes yang ada di Kabupaten Pandeglang. Melalui BUMDes ini, Presiden berharap dana desa yang disalurkan dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif untuk kesejahteraan masyarakat desa. Presiden berpesan agar masyarakat turut serta dalam mengawasi penggunaan dana desa.

 

baca juga: Strategi Marketing Mix Untuk Bumdes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *