Kunci Usaha Wisata Desa

Desa Wisata adalah salah satu  usaha yang menarik untuk dikelola oleh Bumdes. Desa memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan karena menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang perkotaan. Semakin jauh sebuah desa  dari konsep perkotaan, potensinya untuk menarik orang untuk berkunjung bisa jadi semakin banyak.

Apa saja kunci untuk dalam menjalankan usaha desa? Ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam usaha wisata desa, meliputi:

1.Apa yang bisa dilihat ?

Perlu dipikirkan tentang potensi apa yang bisa menarik minat orang dari luar desa untuk datang berkunjung. Potensi terkadang terasa biasa bagi warga desa karena mereka telah hidup didesa sejak lama, namun yang menjadi pasar dari usaha desa adalah orang luar yang berkunjung yang belum tentu pernah melihat kehidupan desa.

2.Apa yang bisa dimakan ?

Selain menjual apa yang menarik untuk dilihat oleh wisatawan, makanan adalah hal yang tentunya menarik untuk dinikmati wisatawan. Kita bisa melihat dari banyak tempat-tempat wisata terkemuka, tentu saja kuliner selalu tidak pernah absen.

3.Apa yang bisa dimainkan ?

Tidak hanya melihat, wisatawan tentu lebih menyukai hal-hal unik yang bisa mereka mainkan untuk dijadikan pengalaman yang dapat diceritakan.

4.Apa yang bisa pamerkan?

Tidak bisa dipungkiri peran sosial media sangat besar dalam pemasaran wisata di Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia berwisata dengan tujuan untuk memperlihatkan melalui sosial media. Oleh karena itu, jika yang dapat dipamerkan pengunjung jika berwisata di desa, tentu saja akan menarik bagi banyak orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *