Pola Pikir Bisnis Untuk Kemajuan BUMDes

Jumat, 22 September 2017 Training On Trainers (TOT) Angkatan 4 dilaksanakan oleh Bumdes.id di Ruang Tengah Syncore (RTS). Peserta terdiri dari para penggiat BUMDes dari berbagai penjuru tanah air.

Bapak Rudy Suryanto selaku founder dari Bumdes.id mengemukakan apa itu Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya disebut BUM Desa, merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berskala dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya  kesejahteraan masyarakat Desa. Ada banyak kekeliruan mengenai konsep Bumdes yang menjadi pemicu dalam kurang berkembang bahkan ada yang hanya formalitas saja.

Perubahan pola pikir inilah yang menjadi yang menjadi dasar penting agak bumdes dapat berjalan. Perlu diingat bahwa Bumdes adalah sebuah bada usaha yang terpisah dari bertujuan untuk membantu menambah PADesa, yang sangat jelas akan menguntungkan desa.

Sebagian besar faktor yang menghambat berkembangnya Bumdes justru berasal dari faktor eksternal, seperti masalah politis atau ketidakpercayaan pada institusi Bumdes itu sendiri. Padahal BUMDes adalah sebuah badan usaha komersil yang perlu dijalankan seperti bisnis, dengan catatan harus turut dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *