Mencermati Kelayakan Usaha BUMDes

(Usaha BUMDes dibidang perdagangan/ DESAMART)

Seperti usaha pada umumnya, BUMDes juga tentunya tidak dapat berhasil jika hanya dilakukan dengan sembarangan, karena pada akhirnya harus ada keuntungan yang didapat dari usaha yang dijalani. Perlu perhatian khusus dan cermat untuk menjadikan sebuah BUMDes menjadi usaha yang mandiri dan berkelanjutan.

Ada beberapa hal yang dapat dijadikan acuan dalam melakukan studi kelayakan suatu usaha, diantaranya adalah 5P, yang meliputi:

1. Produk (Jenis / Ukuran )

2. Pricing

3. Proyeksi Pendapatan

4. Proporsi Biaya (Biaya Tetap vs Biaya Langsung)

5. Profit

Selain menekankan pada produk yang akan dihasilkan, perlu diperhatikan tentang penentuan harga dan bagaimana memperoleh profit dari usaha yang dijalankan BUMDes. Perlu dilakukan analisis lebih lanjut mengenai perkiraan pendapatan dan perkiraan biaya, agar tidak terjadi penyesalan kalau saja pemasukan tidak dapat menutupi biaya yang telah dikeluarkan.

(contoh usaha BUMDes)

Selain itu perlu diperhatikan pula kelayakan dari segi sarana dan prasana penunjang usaha. Baik itu jenis usaha produksi, perdagangan, maupun jasa, sarana dan prasarana yang memadai akan selalu menjadi nilai lebih dari kegiatan usaha yang dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *