Memahami Falsafah “Memayu Hayuning Bawana” di Kampoeng Mataraman.

Memayu Hayuning Bawana merupakan falsafah kehidupan Masyarakat Jawa yang berarti Memperindah Keindahan Dunia. Dengan pandangan hidup ini, masyarakat akan mampu untuk saling mencintai sesama manusia dan bersama menjaga semesta raya. Nilai luhur ini akan menjaga setiap manusia untuk berlaku arif, tidak merusak dan semena-mena. Namun sayangnya, falsafah ini sudah jarang sekali terdengar saat ini, bahkan di kalangan masyarakat Jawa itu sendiri.
Masyarakat dan Pemerintah Desa Panggungharjo, yang terkenal akan kepeduliannya pada nilai-nilai kearifan budaya Jawa merasa terpanggil untuk menggaungkan kembali falsafah luhur tersebut agar terus menjadi nilai yang hidup di masyarakat saat ini dan generasi esok nanti.
Inilah salah satu alasan Masyarakat dan Pemerintah Desa Panggungharjo bekerjasama dengan Bumdes.id membangun Kampoeng Mataraman. Sebuah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang berdiri di atas lahan seluas 6,5 hektar di Dusun Palemsewu ini menjadi destinasi wisata pendidikan baru di Kota Yogyakarta.
Kami yakin, keberadaan Kampoeng Mataraman tidak hanya akan memberikan dampak positif pada dunia pendidikan dan kebudayaan, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Panggungharjo dan sekitarnya. [SC]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *