Lembaran Baru Kampoeng Mataraman

desa matraman

Kampoeng Mataraman terdengar masih asing bagi banyak orang. Kampung yang terletak di Ring Road Selatan, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta tersebut, memiliki banyak potensi untuk dijadikan sebagai kampung wisata yang manarik , namun sayang banyak potensi yang belum dimaksimalkan sebaik mungkin.

Namun setelah di kelola oleh Bumdes Panggung Lestari, banyak potensi yang dapat dihidupkan. Contohnya bermain dengan mainan tradisional, seperti egrang, yoyo, gangsing, permainan yang sangat mengingatkan kita tentang masa kecil , apalagi angkatan 90an 🙁

desa matraman

Setelah puas bernostalgia dengan masa kecil, kita dapat ‘perperan’ sebagai Pak Tani, kita dapat menanam padi dan membajak sawah dengan menaiki kerbau, pengalaman bertani tersebut akan mengajarkan kita untuk mensyukuri setiap butir beras yang kita makan, karena ternyata tidak lah mudah mudah menanam pada sampai dengan menjadi beras yang biasa kita konsumsi.

Yang tentu saja tidak bisa kamu lewatkan adalah kuliner ala kampoeng mataraman, mulai dari minuman menyegarkan seperti cendol manis, makanan kecil seperti kue carabikang dan yang paling nikmat tentu saja lodeh tresno, kenapa lodeh tresno? karena kata ibu ibu yang masak mereka membuat lodehnya dengan penuh cinta. 🙂

 

Bagi kamu yang merasa bosan dengan penat perkotaan , gak ada salahnya berkunjung ke kampoeng mataraman , sesekali bernostalgia sambil menikmati suasana pedesaan.

ok, sampai bertemu di #JelajahDesaWisata selanjutnya. salam BUMDES! SUKSES!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *