Jelajah Desa Wisata “Kampoeng Mataraman” Dolanan Neng Ndeso

Rombongan Superteam Syncore

Kampoeng Mataraman adalah sebuah desa wisata yang berada di pinggiran Kota Yogyakarta yang berada di Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Yogyakarta, hanya sekitar 20 Km dari dari pusat Kota Jogja dan hanya sekita 10 Km jika ditempuh dari Pusat Kabupanten Bantul.

Ketika mengikuti Jelajah Desa Wisata bersama Superteam Syncore ke Kampoeng Mataraman, saat pertama kali tiba kami langsung disuguhkan suasana desa yang begitu kental. Mulai dari bangunan seperti pendopo model joglo khas Jawa Mataram kuno yang berdiri tegak, dapur yang masih mengeluarkan asap tebal karena penggunaan pawon dan pemanfaatan kayu bakar, hamparan sawah yang luas ditambah dengan alat pembajak sawah sederhana, serta keramah tamahan warga sekitar yang berpakaian khas Jawa yang menjadi ciri khas orang desa di Jawa.

Salah satu hal yang paling menyita perhatian saya adalah bagaiamana kreatifitas warga sekitar yang mampu menyulap lahan sawah yang pada umumnya didaerah lain hanya dimanfaatkan sebagai sumber pangan, namun di Kampoeng Mataraman hamparan sawah tersebut dijadikan sebagai lahan edukasi untuk para pengunjungnya yang tentunya kedepannya mampu menjadi sumber penghasilan lain. Beberapa diantara kami bahkan mencoba untuk mempraktekannya, dari membajak sawah, menanam padi, sampai mempraktekan cara memanen sayuran dari sawah tersebut. Disitu kita akan dibimbing oleh warga Kampoeng Mataraman yang sudah berpengalaman bagaimana cara membajak sawah secara konvensional menggunakan tenaga kerbau, selain itu kita juga diajari bagaimana kita diajari menanam Padi atau dalam bahasa Jawa nya disebut nandur (yang jika dibeberapa daerah lain di Jawa kepanjangannya nata mundur), serta kita juga diajari bagaimana cara memanen hasil sawah. Mungkin untuk beberapa anggota Superteam Jelajah Desa Wisata ke Kampoeng Mataraman menjadi pengalaman pertama mereka terjun secara langsung ke sawah. Hal tersebut terlihat dari keseruan Superteam dalam menikmati setiap kegiatan khususnya saat turun secara langsung ke sawah.

Belajar Membajak Sawah
Belajar Menanam Padi

Suasana lebih seru ketika Superteam mencoba beberapa permainan Jawa seperti egrang, gasing, yoyo, suling bambu dan lain-lain. Keseruan sangat terlihat di wajah para Superteam yang begitu menikmati permainan Jawa tersebut karena banyak dari kita baru melihat dan tidak bisa memaikan permainan tersebut. Dilain sisi terdengar beberapa nyanyian Jawa yang dinyanyikan oleh para juru masak (sinom) yang semakin menambah kental suasana di desa Jawa di jaman Mataram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *