Dari Kota Kembali Ke Desa

Kampung, desa, merupakan sebuah kata yang terdengar asing bagi penduduk kota. Bagi penduduk kota, desa dan kampung mempunyai makna sebuah keterbatasan dan jauh dari kesan modern. Tetapi sekarang, desa menjelma menjadi sebuah hal yang jauh dari pandangan masyarakat kota. Desa dan kampung di Indonesia melalui kebijakan Pemerintah, diberikan keleluasaan untuk mengelola perekonomiannya sendiri.

 

 

Desa Panggungharjo di daerah Bantul, Yogyakarta ini salah satunya. Dengan segala keterbatasannya “Kampung Mataraman” sebutannya, mempunyai salah satu tempat wisata yang mengangkat tema kearifan lokal. Tempat wisata yang sederhana dan jauh dari kesan hiruk pikuk kota menjadi menarik bagi masyarakat kota yang belum pernah merasakan kehidupan di desa. Kampung Mataraman objek wisata dengan konsep wisata desa. Di sana terdapat berbagai macam permainan pada masa jaman dahulu, sebagai reminder bagi masyarakat kota, bahwa permainan desa lebih mengasikkan dan mempunyai makna persahabatan yang tinggi daripada permainan elektronik yang menjamur sekarang.

 

Nandur Pari, Nyayur Lodeh, Egrang, Bajak Sawah, Gangsing, Pawon, dan lain-lain merupakan berbagai hal yang disajikan di Kampung Mataraman. Ayo kita kembali ke Desa dan membangun Indonesia lebih baik lagi. Dengan Desa Indonesia kembali berjaya dengan kearifan Lokal.

Foto: Pengungjung “nandur pari” di Desa Wisata Kampoeng Mataraman

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *