Penguatan Manajemen BUMDesa Wonokromo Manembah Melalui Program SMB di Balai Desa Wonokromo

 

Dalam acara SMB Sesi 2 Kelompok 3 dan 4 ini dibuka dengan sambutan Badan Pengawas Desa oleh Bapak Machsun yang menyampaikan harapannya agar acara berjalan dengan lancar , bumdes dapat terlaksana / terbentuk sesuai rencana, dan usaha yang akan didirikan dapat dikoordinasikan oleh desa.

Selain dari sambutan oleh bapak BPD, Bapak Edy Pujiono selaku Lurah Desa Wonokromo juga memberikan harapannya agar potensi desa segera direalisasikan dan dikembangkan baru kemudian menggali potensi lainnya yang ada didesa.

Desa ini berencana menjalankan program yang idusulkan oleh Bank BNI yaitu Agen BNI 46, potensi wisata yang dimiliki dan akan dikembangkan oleh BUMDes yaitu Sungai Mbelik. Sungai tersebut akan dijadikan taman Wisata Air dengan target pengunjung adalah anak – anak, nantinya pemasukan akan diperoleh dari retribusi, penyewaan ban, penyewaan kios – kios di sekitar lokasi dan lain – lain. Taman ini akan dikelola oleh arga sekitar dengan sistem penggajiannya adalah bagi hasil.

Rencana lain yang akan dilakukan adalah pembangunana 10 kios di tanah kas desa. Masing – masing kios akan dibangun dengan luas 4×5 meter dengan harga sewa Rp 30.000.000/ tahun.

Desa ini memiliki pasar desa yang bersebelahan dengan Pasar Kabupaten. Pasar desa dibagi menjadi pasar hewan dan pasar sayur dengan hari operasinya mengikuti pasaran jawa. Pada sore hari banyak pedagang kaki lima yang menjual kuliner di pasar pasar sore. Desa ini memiliki potensi di bidang pertanian. Sehingga desa Wonokromo sebagai penyangga kebutuhan pertanian sekecamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *