Pelatihan dan Penguatan Manajemen BUMDesa di Desa Joso, Purworejo

Sosialisasi BUMDES dan pelatihan software keuangan BUMDES merupakan kegiatan yang sudah 2 minggu belakangan sejak akhir april ini dilakukan. kegiatan ini diselenggarakan di Purworejo tepatnya di desa Joso (6/5). Kegiatan ini diisi oleh seorang Senior Konsultan dari PT. Syncore Indonesia yang bernama Ibu Yosita Indriyani S.E. Sosialisasi dan pelatihan diselenggarakan untuk mewujudkan visi dan misi bersama yaitu memunculkan potensi BUMDES di seluruh desa yang terdapat di Purworejo dengan satu tujuan yaitu mewujudkan desa yang mandiri.  Acara ini diikuti oleh 6 desa diantaranya ada desa Wasiat, Ngombol, Laban dan lainnya.

Acara terbagi menjadi 3 sesi yaitu sesi pemaparan dan penggalian potensi desa lewat peta desan dan bussiness canvas, pembuatan AD/ART BUMDES dan praktik menggunakan software keuangan BUMDES. Sesi pertama merupakan sesi dimana peserta diminta untuk menggambar peta desa mereka masing-masing dengan tujuan agar peserta mampu melihat potensi desa yang ada agar mampu dikembangkan menjadi sebuah unit usaha secara geografis. Selanjutnya setelah mennggambar peta desa dan mempresentasikannya peserta diminta untuk membuat sebuah pemetaan potensi usaha dan mempresentasikannya dengan tujuan agar pada peserta tumbuh kemampuan untuk melakukan business sensing

Sesi kedua diisi dengan membuat rancangan AD/ART BUMDES sesi ini bertujuan untuk melatih dan memberikan gambaran kepada peserta bagaimana AD/ART dapat dibentuk.

Sesi trakhir yaitu sesi ketiga diisi dengan pelatihan software keuangan BUMDES milik PT. Syncore Indonesia. Sesi ini dilaksanakan dengan menggunakan modul yang telah dibuat sebelumnya oleh Tim internal Syncore. Pada sesi ketiga ini peserta diminta untuk belajar menginput informasi tentang BUMDES yang dilanjutkan dengan latihan menginput transaksi penerimaan dan pengeluaran ke dalam software berdasarkan contoh yang telah dibuat di modul.

Acara berjalan menyenangkan. para peserta terlihat antusias untuk bertanya dan mengikuti setiap instruksi dari para pendamping yang berasal dari Tim Syncore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *