Pelatihan dan Penguatan Manajemen BUMDesa Desa Sumber Rejo, Purworejo

Pada Jumat, 12 Mei 2017, Telah dilaksanakan Pelatihan dan Penguatan Manajemen BUMDesa Elfira Manajemen dan PT. Syncore Indonesia. Pelatihan tersebut terdiri dari 25 peserta dari 9 desa yaitu, Desa Sumber Rejo, Desa Kaliwungu, Desa Ringit, Desa Langgaran, Desa Tunjungan, Desa Karangtalun, Desa Wunut, Desa Susuk dan Desa Medino. Serta dihadiri oleh Kepala Desa Sumber Rejo, Bpk. Khamid Nur. AD yang memberi kata sambutan dengan memberikan semangat serta motivasi kepada peserta agar dapat mengikuti dengan baik pelatihan ini dan sekaligus mengesahkan acara.

Pelatihan ini bertema kan Penguatan Manajemen BUMDesa dengan materi pemetaan potensi desa, jenis usaha desa dan trial software billing laporan keuangan BUMDesa. Terlihat sekali antusias peserta untuk belajar bagaimana cara mendirikan BUMDesa dan trial software billing laporan keuangan BUMDesa. Mengawali pelatihan tersebut, Ibu Yeni Nur Hayati S.E, selaku narasumber memberikan tugas kepada peserta untuk menggambar letak geografis desanya, mencari potensi desanya, mencari jenis usahanya lalu di presentasikan kepada peserta lainnya. Setelah itu, peserta lalu melakukan trial billing software laporan keuangan BUMDesa.

Peserta sedang menggambar geografis desa

Setelah melakukan kegiatan tersebut, ada 1 peserta yang bertanya. Peserta itu perwakilan dari desa Kaliwungu, mengatakan bahwa setelah belajar dari sistem aplikasi billing laporan keuangan, mereka masih merasa bertanya-tanya bagaimana prosedur awal untuk melakukan pendirian BUMDesa? Apakah dengan konsolidasi dengan Pemdes saja atau dengan BPD? Kapan akan diagendakan lagi pelatihan seperti ini? Jika untuk belajar software, mungkin setelah terlaksana BUMDesanya, baru akan belajar kembali tentang software tersebut. Tapi, hal yang lebih penting adalah bagaimana caranyagar masyrakat, pengurus BUMDesa nantinya, BPD dan Pemdes memiliki 1 tujuan untuk mencapai mendirikan BUMDesa dari tiap desanya? Ujar dari perwakilan desa Kaliwungu tersebut. Lanjut disambut baik dengan langsung dijawab sesuai proses mendirikan BUMDesa dll. Setelah itu, acara resmi ditutup dan diakhiri dengan foto bersama Tim Syncore, Kepala Desa dan Peserta BUMDesa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *